Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi Atau Tidak?

Bukan nggak mungkin Bunda galau ketika pengen minum kopi tapi ingat lagi menyusui si kecil hingga timbullah pertanyaan: ibu menyusui boleh minum kopi atau tidak? Pada ibu menyusui, sebagian kecil kafein dapat masuk ke dalam air susu ibu sehingga ketika bayi menyusu, ia juga akan mengonsumsi kafein yang ada di dalam ASI. “Boleh-boleh aja ibu menyusui minum kopi meskipun kafein yang ada di dalam makanan bisa terserap ke ASI tapi sebagian besar studi menyebutkan jumlahnya yang terserap kurang dari satu persen asupan yang ibu konsumsi.” kata Dokter Spesialis Anak, Wendy Sue Swanson. Namun, kebiasaan mengonsumsi kopi tanpa batasan yang jelas, dapat membuat bayi bertambah gelisah karena mendapat stimulasi berlebihan dari kafein.

ibu menyusui boleh minum kopi atau tidak

The American Academy of Pediatric merekomendasikan ibu menyusui nggak minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari ya, Bun. Nah, Wendy menyarankan ibu mengonsumsi jenis kopi yang lain misalkan latte yang memiliki kandungan kafein lebih sedikit ketimbang kopi hitam misalnya. Jumlah kafein yang masih aman untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah tidak lebih dari 200 miligram per hari.

“Bila anak cranky berarti kopi yang ibu minum berpengaruh pada bayi.” tutur Wendy. Diharapkan Anda dapat mengatur jumlah asupan kafein agar tidak melebihi jumlah yang dianjurkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *