Ibu Menyusui Boleh Makan Daging Kambing Tidak?

ibu menyusui boleh makan daging kambing tidak? Memperhatikan asupan makanan dan minuman saat menyusui menjadi hal yang wajib untuk ibu lakukan, agar ASI yang diberikan untuk si kecil memiliki kualitas yang baik. Pada tanggal 11 Agustus 2019, insha Allah seluruh Umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Adha, biasanya setiap rumah akan terjadi berbagai makanan berbahan dasar daging.

Banyak loh makanan yang baik untuk ibu konsumsi agar ASI tetap lancar dan memiliki kualitas yang baik, namun makanan ibu menyusui yang wajib dihindari juga ada loh, misalnya seafood dengan kandungan merkuri tinggi karena memiliki risiko terhadap perkembangan otak si kecil yang mengonsumsi ASI dari ibu. Seafood yang tidak disarankan dikonsumsi seperti Ikan Makarel Raja, Ikan Todak dan Tilefish.

Kandungan elektrolit dan mineral yang terkandung dalam air kelapa, dapat berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Ibu saat menyusui.

ibu menyusui boleh makan daging kambing tidak

Untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas ASI, buah seperti Blueberry, Strawberry, Jeruk, Apricot dan Belewah bisa ibu konsumsi sebagai sumber Vitamin C dalam tubuh. Karena saat menyusui, ibu akan mudah merasa lapar.

ibu menyusui boleh makan daging kambing tidak

Jengkol dan pete merupakan jenis makanan yang kaya akan sumber protein, mineral dan vitamin yang baik untuk ibu hamil maupun menyusui. Sebaiknya jangan mengonsumsi pete dan jengkol dalam jumlah yang berlebih ya ibu, karena baunya akan membuat si kecil terganggu juga loh.

Mengonsumsi berbagai jenis makanan termasuk makanan pedas, tidak membuat ASI memiliki rasa yang mudah berubah loh ibu.

Daging kambing sangat kaya zat besi yang menjaga tingkat hemoglobin, membantu dalam pembentukan sel darah merah. Ibu menyusui boleh makan daging kambing tidak? Boleh. Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Johanes Chandrawinata, SpGK, mengatakan, datangnya penyakit darah tinggi saat mengonsumsi daging kambing yang dikhawatirkan akan menimpa ibu menyusui hanyalah mitos, daging kambing cukup sehat asal dagingnya saja, bukan dibarengi dengan jeroan, babat, otak dan usus.

ibu menyusui boleh makan daging kambing tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *