Cara Menyusui Bayi yang Benar

ASI mampu meningkatkan kecerdasan bayi. Beberapa hal berikut ini dapat dilakukan agar proses menyusui bayi yang benar, mudah dan menyenangkan bagi ibu dan bayi:

  1. Pastikan ibu dan bayi berada dalam kondisi rileks dan nyaman. Posisi kepala bayi harus lebih tinggi dibandingkan tubuhnya, dimaksudkan agar bayi lebih mudah menelan. Tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting, akan mendorong bayi membuka mulutnya.
  2. Mendekatkan bayi ke payudara. Ketika bayi mulai membuka mulutnya dan ingin menyusu maka dekatkan bayi ke payudara ibu. Jika bayi belum melakukannya, ibu dapat membimbing bayi dengan menyentuh lembut bagian bawah bibir bayi dengan puting susu ibu.
  3. Perlekatan yang benar. Posisi perlekatan terbaik bayi menyusui yaitu mulut bayi tidak hanya menempel pada puting, namun pada area bawah puting payudara dan selebar mungkin.
  4. Waktu menyusu.Umumnya dibutuhkan beberapa waktu untuk adaptasi ibu dan bayi, agar proses menyusui berjalan lancar.
menyusui bayi yang benar

Agar bayi nyaman menyusu, ibu disarankan menggunakan bra khusus menyusui yang memiliki kait di bagian depan yang dapat dibuka. Untuk ibu yang berencana memerah ASI, ibu dapat membeli pompa ASI yang nyaman untuk digunakan.

Seringkali, diperlukan praktik dan latihan selama beberapa waktu hingga ibu dan bayi dapat bekerjasama dengan baik selama proses menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *