Cara Menyusui Bayi Bibir Sumbing

Bibir sumbing merupakan salah satu kelainan bawaan lahir yang cukup sering terjadi di Indonesia. Salah satu tantangan yang dihadapi ibu setelah melahirkan anak dengan bibir sumbing adalah pemberian ASI. Bayi dengan bibir sumbing saja lebih mungkin untuk menyusu secara langsung pada payudara ibu, jika dibandingkan bayi dengan bibir sumbing sekaligus sumbing langit-langit. Sebagian besar masalah pemberian ASI untuk anak dengan bibir sumbing bisa diatasi dengan beberapa trik. Berikut ini cara menyusui bayi bibir sumbing.

cara menyusui bayi bibir sumbing

Untuk menunjang keberhasilan memberikan ASI kepada bayi bibir sumbing dan sumbing langit-langit, dibutuhkan modifikasi posisi menyusu. Dalam buku ‚ÄúPemberian Minum Bayi Sumbing Bibir dan Langit-Langit” oleh spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi RSCM, Dr Luh Karunia Wahyuni, dikatakan bahwa bayi sumbing berhak mendapatkan asupan ASI yang cukup untuk meningkatkan status gizinya. Bayi dengan sumbing bibir kanan akan lebih mudah disusui dengan posisi cross cradle pada payudara kanan ibu. Strategi pertama pemberian ASI untuk bayi bibir sumbing adalah memastikan posisi yang benar. Ibu dapat menutupi sumbing bibir dengan menggunakan jari tangan ibu dan menekan pipi bayi untuk mengurangi lebar celah sumbing bibir.

cara menyusui bayi bibir sumbing

Sumbing bibir dua sisi dapat menggunakan posisi straddle hadap ke atas. Bayi dengan sumbing langit-langit diposisikan semi tegak untuk mengurangi arah balik ASI ke hidung dan ke dalam tuba Eustachian.

cara menyusui bayi bibir sumbing

Posisi football hold lebih efektif dibandingkan posisi cross cradle untuk bayi dengan sumbing langit-langit. Ibu juga dapat membantu memompa ASI secara manual ke dalam mulut bayi, jika tidak ada efek isap dan kompresi dari bayi.

cara menyusui bayi bibir sumbing

Jika menyusu langsung cukup sulit dilakukan, jangan dulu menyerah. Pemberian ASI melindungi bayi dari infeksi telinga yang cukup sering terjadi pada bayi bibir sumbing.

cara menyusui bayi bibir sumbing

Sebaiknya ibu bayi bibir sumbing berkonsultasi ke dokter spesialis mengenai posisi menyusu, suplai ASI dan cara memompa ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *