Berapa Minggu Ibu Hamil Melahirkan Secara Normal?

Sebenarnya, berapa minggu ibu hamil melahirkan secara normal? Anda perlu mempersiapkan diri dan bersiaga agar dapat segera ke rumah sakit untuk bersalin jika kontraksi terasa makin kuat dan teratur. Menurut penjelasan dr.Yusfa Rasyid, Sp.OG, MARS, dari RSIA YPK Mandiri, umumnya persalinan yang dianggap normal itu bila terjadi pada usia kehamilan 38 sampai 41 minggu.

“Atau maju dua minggu atau mundur satu minggu dari hari prediksinya,” jelas Yusfa. Persalinan pada masa hamil 9 bulan ini dianggap telah cukup bulan karena perkembangan bayi telah sempurna. Itu sebabnya pada usia tersebut umumnya keadaan bayi sama dan tidak ada yang membedakan dia lebih sehat atau sebaliknya.

Kalau usia kelahiran terlalu muda, kata Yusfa, bayi berisiko mengalami gangguan antara lain gangguan pernapasan sampai gagal napas, gangguan refleks isap, gangguan pendengaran dan penglihatan serta yang paling buruk adalah risiko kematian.

Di samping itu, mengutip Medline Plus, usia kehamilan bisa ditentukan sebelum kelahiran. Berat badan bayi akan terus bertambah untuk mengatur suhu tubuhnya setelah lahir nanti. Setelah lahir, usia kehamilan dapat diukur dengan melihat berat bayi, panjang, lingkar kepala, tanda-tanda vital, refleks, tonus otot, postur, serta kondisi kulit dan rambut.

Jika usia kehamilan bayi yang lahir cocok dengan perhitungan usia kalender maka usia kehamilan bayi dikatakan sesuai.

berapa minggu ibu hamil melahirkan secara normal

Begitu banyak pertanyaan yang ingin diajukan pada masa hamil 9 bulan ini, salah satunya adalah, “Kapan saya harus pergi ke rumah sakit bersalin?” Ini adalah pertanyaan yang paling umum terlintas di benak ibu yang sudah hamil tua, terutama jika ini adalah kehamilan pertama. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi patokan bagi ibu.

  1. Bila ketuban sudah pecah, Anda harus segera berangkat ke rumah sakit.
  2. Jika ini adalah kehamilan pertama dan Anda telah mengalami kontraksi, tapi belum terlalu kuat dan ketuban belum pecah, Anda mungkin dapat menunggu.
  3. Segera ke rumah sakit jika kontraksi terasa kuat, berlangsung terus menerus selama 45 detik hingga 1 menit dan terjadi setidaknya lima menit sekali.

Jika rumah Anda berlokasi agak jauh dari rumah sakit maka sebaiknya Anda sudah berangkat ketika kontraksi mulai terasa. Bagaimana pun proses kehamilan Anda dan apa pun jalan yang ditempuh bayi untuk lahir ke dunia, satu hal yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi serta perjalanan setelahnya dalam mengasuh dan membesarkan si kecil.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *