Untuk Ibu yang sudah Waktunya Memberi Makanan Pertama pada Bayinya

Apa yang harus Anda lakukan untuk menyiapkan makanan pertama baginya? Bahan makanan apa saja yang bisa Anda gunakan sebagai makanan pertama bayi Anda? Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui…

Ketika bayi sudah siap menerima MPASI, biasanya ia akan memberikan “sinyal”, alias tanda-tanda, diantaranya:

  1. Kekuatan kepala: ia sudah bisa menahan kepalanya dalam posisi tegak dengan stabil.
  2. Untuk bisa menyimpan makanan dalam mulutnya untuk kemudian ditelan, bayi harus mulai berhenti menggunakan lidahnya untuk mendorong makanan keluar dari mulutnya.
  3. Duduk dengan baik sambil bersandar: untuk bisa menelan dengan baik, tentu saja bayi harus sudah bisa duduk dengan tegak, walaupun dengan bersandar.
  4. Pada sebagian bayi, seringkali mereka akan terlihat “kelaparan”, walaupun sudah 8-10 kali minum ASI dalam sehari.
  5. Mulai tertarik dengan makanan Anda.

peluang bisnis usaha

Makanan bayi yang sehat dan aman adalah makanan yang Anda buat sendiri dengan memilih bahan-bahan yang baik, serta dengan pengolahan dan cara penyimpanan yang benar. Tepung beras yang baik adalah yang berasal dari beras pecah kulit yang lebih banyak kandungan gizinya. Sayur dan buah yang dikenalkan pun hendaknya dipilih yang mempunyai rasa manis.

hal penting

Jika selama ini Anda telah memberikan ASI kepadanya selama 6 bulan, maka bayi Anda sudah terbiasa dengan berbagai rasa makanan yang Anda konsumsi yang dialirkan melalui ASI. Utamakan memberikan MPASI dengan rasa asli makanan, karena bayi usia 6-7 bulan, fungsi ginjalnya belum sempurna. Untuk selanjutnya, gula dan garam bisa ditambahkan tetapi tetap dalam jumlah yang sedikit saja. Satu hal yang perlu diingat, setiap kali Anda memperkenalkan bahan makanan baru kepada bayi Anda, cobalah 1 jenis bahan saja selama 3 hari, untuk melihat kemungkinan alergi.  Dengan demikian, jika terjadi alergi, dengan mudah Anda bisa mengetahui bahan apa penyebabnya dan bisa memberikan pencegahan.

cara menghilangkan jerawat

Tahap pengenalan MPASI:

  1. Mulai usia 6 bulan. Bubur susu, sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI. Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan.
  2. Mulai usia 7 bulan. Setelah secara bertahap pemberian tim saring, bayi bisa dikenalkan dengan nasi tim tanpa disaring.
  3. Pada usia lebih dari 1 tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

Anda sebaiknya mencoba untuk memperkenalkan resep bubur baru kepada bayi Anda hingga sebanyak 10 kali, sebelum memutuskan bahwa ia memang tidak menyukai resep tersebut. Jika setelah 10 kali percobaan, bayi Anda tetap menolak resep baru tersebut, maka Anda bisa mencoba menambahkan bahan makanan yang ‘akrab’ di lidahnya, seperti ASI.

meningkatkan jumlah ASI

Makanan yang telah Anda buat bisa langsung Anda simpan dalam freezer. Anda bisa menggunakan cetakan es batu untuk menyimpannya.

RESEP BUBUR

Makanan yang Anda bekukan pada cetakan es batu sebaiknya dipindahkan ke dalam kantung plastik bersegel, setelah ia membeku. Bubur sayuran dan buah yang disimpan dengan cara ini dapat bertahan 6-8 bulan.