Tips Mainan Bayi Usia 1 Bulan-6 Bulan

mainan bayi 1 bulan

Perkembangan bayi sangat penting untuk diamati dalam rangka mengetahui tumbuh kembang yang sesuai dengan usia bayi, yang berhubungan dengan kemampuan motorik, kognitif, dan perseptual. Pada bulan-bulan pertama, sebelum bayi belajar untuk menangkap objek, bayi Anda akanĀ  terlebih dahulu belajar melihat dan mendengar.

Setelah bayi memasuki usia 1 bulan bayi akan mengenali suara ibu. Dengan mainan yang sesuai dengan usia bayi Anda maka akan menyempurnakan gerakan di usianya dan merangsang perkembangan selanjutnya. Memasuki usia 2 bulan bayi mengalami perkembangan penglihatan. Mainan untuk bayi usia 2 bulan harus menjadi perhatian Anda, mengingat usia bayi Anda masih rentan terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya. Bayi lebih peka terhadap suara dan pandangan. Keamanan mainan yang memiliki warna yang mencolok harus anda perhatikan, jangan sampai terkelupas apalagi di masa 0-18 bulan bayi dalam Fase Oral. Usia 4 bulan bayi sudah dapat merespon dengan lingkungannya kemudian yang paling mengembirakan adalah bayi sudah dapat berceloteh sendiri dengan suara yang spontan, mengenali dan mengamati ukuran serta bentuk yang dipegangnya, beberapa mainan yang menarik dengna warna yang berbeda-beda dapat diberikan pada bayi.

Pada usia 6 bulan, bayi sudah dapat duduk meski tanpa sandaran, bayi juga terlihat lebih aktif. Warna-warni yang dihasilkan mainan yang digantung menjadi daya tarik tersendiri untuk bayi Anda. Mungkin anda bertanya-tanya anak usia 0-6 bulan dapatkah bermain? Pada usia 0-6 bulan Anda dapat dengan cepat merangsang kemampuan bayi sesuai dengan usianya. Dengan media boneka Anda dapat mengajak bayi untuk berbicara.

Pada usia bayi yang baru lahir permainan yang diberikan adalah permainan yang melibatkan Anda sebagai orang tua. Tanpa Anda sadari, Anda sering melakukan permainan ini dan anak merasa senang (permainan cilukba).

Pada usia di bawah 3 bulan, kerincingan dapat menjadi salah satu hal yang disukai anak Anda, suara gemericing sangat disuka bayi, bayi akan mencari sumber suara. Memasuki usia 3-4 bulan anak Anda sudah tertarik dengan warna yang mencolok dan memiliki kemampuan dalam memasukkan mainan ke mulutnya. Anda dapat memilihkan mainan bola yang berwarna cerah untuk bayi Anda. Pada usia ini Anda dapat mengajak anak Anda berkomunikasi, ngobrol. Mainan gantung akan merangsang kemampuan anak Anda melihat dan mendengar. Selain itu permainan yang dapat dilakukan oleh anak Anda adalah bermain cermin.

Facebook Comments