Tips Benda Mainan Bayi Usia 6 Bulan

Hal yang harus anda perhatikan adalah keamanan benda yang ada di sekitarnya. Mainan bisa memberikan manfaat untuk perkembangan motorik bayi. Penting bagi anda untuk menentukan permainan yang sesuai dengan usia dan perkembangannya. Mainan apa saja sih yang direkomendasikan untuk bayi usia 6-12 bulan? Di usia enam bulan hindari terlebih dahulu mainan yang menggunakan tali yang panjangnya lebih dari 15 cm yang akan mengganggu gerakan bayi anda. Berikut ini adalah beberapa mainan yang akan mendukung tumbuh kembang bayi anda di usia 6 bulan:

  1. Tersedia dengan berbagai bentuk yang mudah untuk dipegang bayi dan merangsang bayi mendengarkan dan menggerakkan benda karena rangsangan bunyinya.
  2. Cermin Bayi. Anda dapat memilih cermin berbahan plastik yang tidak membahayakan bayi.
  3. Boneka Tangan. Mengajak bayi anda merespon ucapan anda sehingga membantu merangsang berkomunikasi, selain itu boneka tangan dengan warna yang menarik bisa anda jadikan alat untuk menarik perhatiannya.
  4. Mainan Lampu. Memperkenalkan lampu melalui senter yang mengeluarkan warna-warni untuk mengetahui respon bayi terhadap cahaya dan warna dalam meningkatkan kemampuan visualnya.
  5. Alat Musik. Belajar memukul dan memijit benda yang menghasilkan suara sehingga bayi anda dapat mengenali sumber bunyi.