Sariawan di Lidah

Sariawan dapat muncul di mana saja di rongga mulut, tapi begitu menyakitkan ketika muncul sariawan di lidah. Umumnya penyebab sariawan di lidah bukanlah masalah yang serius, misalnya karena kebersihan mulut yang kurang, tergigit, terlalu banyak makan makanan yang mengiritasi, dan sebagainya. Sariawan di lidah biasanya berupa luka dengan dasar yang putih, meskipun mungkin bisa berubah menjadi abu-abu ketika mulai sembuh. Tapi ingat, ukuran sariawan di lidah yang lebih besar tidak selalu lebih berat daripada yang berukuran lebih kecil. Sebagian besar sariawan di lidah akan sembuh dengan sendirinya.

sariawan, bercak merah, mudah berdarahPenyebab sariawan di lidah:

sariawan, bercak merah, mudah berdarah

1. Sariawan Biasa. Sariawan terlihat putih, biasanya berkembang dari bercak merah. Sariawan pada lidah memiliki berbagai ukuran dan biasanya bentuknya tidak teratur.

2. Kebersihan mulut yang buruk. Sariawan di lidah dapat terjadi karena perawatan mulut yang buruk.

Jika sariawan di lidah terlihat parah, tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, mungkin ada masalah yang lebih serius yang menyebabkannya. Sariawan yang tumbuh sangat cepat, tak kunjung sembuh, mudah berdarah, mungkin merupakan tanda-tanda kanker mulut, kondisi seperti ini harus segera dievaluasi dokter.

Sebagian besar sariawan di lidah dapat diobati dengan perawatan sederhana di rumah. Berikut cara mengobati sariawan dengan mudah:

sariawan, bercak merah, mudah berdarah

1. Menjaga kebersihan mulut. Gigi dan mulut yang bersih sangat penting dalam memerangi sariawan. Perlakukan secara lembut pada daerah sekitar ulkus pada lidah, gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut.

2. Hindari iritan. Saat lidah sariawan, maka saatnya untuk menghindari makanan panas, makanan yang pedas, serta makanan keras karena makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi dan membuat sariawan menjadi lebih buruk.

sariawan, bercak merah, mudah berdarah

Waspadai Gejala Kanker Lidah yang Mirip Sariawan

Gejala awalnya hampir menyerupai sariawan pada lidah. Ada bercak-bercak putih pada lidah yang terasa sakit. Gejala mirip sariawan ini akan berlangsung lama, dan semakin besar hingga menjadikan lidah menjadi lunak dan berdarah, disebabkan tekanan besar pada bagian lidah yang terserang kanker, ketika mengunyah dan minum. Sedangkan gejala lain yang dirasakan adalah sakit pada bagian telinga, serta terdapat benjolan pada bagian belakang tenggorokan.

sariawan, bercak merah, mudah berdarah

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker lidah juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan psikis yang akan mempengaruhi tingkat penyakit ini. Pembedahan akan dilakukan pada kanker stadium akut. Pada umumnya operasi akan dibarengi dengan radioterapi.

sariawan, bercak merah, mudah berdarah