Rahasia untuk Menjaga Kesehatan Tulang Bayi

Anda perlu memperhatikan resep makanan sehat pada bayi yang dapat dengan mudah anda dapatkan di supermarket seperti makanan sehat buat otak bayi, makanan sehat untuk anak setahun. Pola asuh juga berpengaruh terhadap pembentukan otak dan tulang bayi yang baik.

pola asuh

Tulang adalah kerangka penyangga tubuh, pelindung organ tubuh dari benturan, dan tempat kaitan otot sehingga bisa bergerak di antara sambungan tulang satu dengan lainnya. Karena fungsinya yang penting, tulang harus kuat dan sehat.

informasi kesehatan bayi

Berikut ini adalah makanan dan pola asuh yang benar untuk kesehatan tulang bayi.

cara merawat kesehatan

1. Vitamin D: meningkatkan mineralisasi tulang, menjaga kadar kalsium normal, meningkatkan retensi kalsium tulang.

2. Kalsium: kekurangan kalsium terjadi jika tubuh kurang vitamin D, C, dan magnesium karena ketiganya berfungsi menyerap kalsium secara maksimal.

3. Vitamin K: berguna dalam metabolisme tulang, membuat tulang kuat dan tidak mudah patah. Ada 2 jenis vitamin K, yaitu:
a. Vitamin K1 terdapat dalam buah-buahan, sayuran dan kacang polong.
b. Vitamin K2 terdapat pada keju, daging dan kacang kedelai yang difermentasi.
Saran konsumsi Vitamin K untuk tulang kuat adalah 120 mg/hari untuk anak laki-laki, dan 90 mg/hari untuk anak perempuan.

4. Ortopedi checklist. Salah satu problema kelainan tulang “langganan” bayi dan anak-anak adalah kelainan tulang kaki dan tulang belakang. Jika kita menemukan kejanggalan pada pertumbuhan tulangnya, periksakan ke dokter ahli ortopedi untuk mendapatkan orthopedi checklist, yang memastikan:
a. Kaki kiri dan kanan simetris.
b. Bentuk tulang relatif lurus, meski agak bengkok namun dalam batas normal.
c. Panjang kaki bayi relatif proporsional dengan tubuhnya.
d. Telapak kaki bayi mempunyai cekungan di bagian dalam, meski belum sempurna.

5. Olahraga bayi. Olahraga yang bikin tulang bayi sehat adalah senam, jalan kaki, lari dan berenang.

video bayi unik

6. Bentuk, bahan, dan sol sepatu berpengaruh terhadap kesehatan kaki dan persendian kaki. Kenakan sepatu bayi sesuai usia dan tahap pertumbuhannya, yaitu sepatu untuk merangkak, merambat dan berjalan.

7. Posisi gendong dan duduk yang benar. Gendong dan dudukkan bayi sesuai usia dan tahap pertumbuhannya.

8. Menjemur bayi. Sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D di kulit dan mengurangi risiko terkena gangguan perutmbuhan tulang.