Pilihan Alternatif Obat Batuk-Pilek untuk Bayi

Banyak orang tua yang mencari obat batuk-pilek untuk bayi. Setiap anak dan bayi memang rentan terkena penyakit batuk dan pilek yang mengganggu ini.

penyakit batuk, Amerika, bayi

Tidak semua hal yang diberikan kepada bayi dapat diterima sistem tubuh bayi. Maka, obat batuk-pilek untuk bayi menjadi pengetahuan yang banyak dicari oleh orang tua.

penyakit batuk, Amerika, bayi

Tidak ada obat batuk-pilek yang dapat menyembuhkan penyakit ini dengan cepat. Di bawah ini merupakan hal yang dapat menjadi obat batuk-pilek untuk bayi yang direkomendasikan dokter spesialis anak dari universitas terkemuka di Amerika:

1. Air. Keadaan dehidrasi sangat berbahaya dan dapat menghambat penyembuhan sakit batuk dan pilek pada bayi. Untuk bayi di bawah 6 bulan, pastikan mereka mendapat ASI yang cukup. Jadi, tetaplah berikan susu pada bayi Anda.

penyakit batuk, Amerika, bayi

2. Pemberian madu. Untuk anak usia 1 – 5 tahun berikan setengah sendok teh madu.

penyakit batuk, Amerika, bayi

3. Istirahat. Bayi senang bermain. Salah satu obat batuk-pilek untuk bayi yang dapat dilakukan orang tua ialah memberikan waktu istirahat yang cukup. Jadi, pada saat pilek dan batuk menyerang, jangan bangunkan bayi dan mengajaknya bermain, namun berikan waktu tidur dan istirahat yang cukup.

4. Uap air dari air yang mendidih. Caranya mudah, yaitu didihkan air hingga matang, lalu taruh air panas tersebut di bak mandi atau di kamar dengan pintu tertutup. Biarkan uap air memenuhi udara di ruangan, lalu ajaklah bayi Anda ke dalam kamar tersebut untuk ia hirup.

penyakit batuk, Amerika, bayi

5. Makanan lembut. Untuk bayi di atas usia 6 bulan, makanan lembut dan dingin dapat menjadi obat batuk-pilek untuk bayi, terutama bila batuk, karena batuk biasanya menyebabkan nyeri tenggorokan.

6. Meneteskan air garam pada hidung bayi dapat menjadi obat pilek untuk bayi. Lakukan ini sebelum bayi makan sebagai obat pilek bayi. Caranya mudah, larutkan 2 sendok teh garam dalam segelas air, lalu teteskan beberapa tetes larutan tersebut di hidung bayi. Tunggu selama 60 detik. Lalu, tarik air serta lendir dalam hidung dengan pipet.

7. Kurangi penggunaan AC dan rokok. Penggunaan AC dalam ruangan dapat membuat udara kering dan memperparah gejala batuk dan pilek bayi Anda. Rokok merupakan zat iritatif yang dapat merusak saluran nafas, terlebih lagi saluran nafas bayi. Jadi jauhkan bayi Anda dari AC dan rokok sebagai obat batuk-pilek untuk bayi Anda.

Gejala batuk dan pilek bisa saja merupakan tanda dari penyakit serius yang sedang diderita anak Anda. Maka, Anda wajib mewaspadai tanda-tanda ini:
1. Bayi tidak seaktif biasanya.
2. Bayi mengatakan sulit bernafas.
3. Batuk disertai dahak yang berdarah.

penyakit batuk, Amerika, bayi

Batuk dan pilek memang merupakan penyakit yang sangat sering menimpa anak kecil, terutama bayi. Namun, bila batuk-pilek hanya disebabkan oleh infeksi virus yang tidak terlalu berbahaya, orang tua dapat mencoba obat batuk-pilek untuk bayi mereka. Jangan lupa untuk menjaga asupan cairan pada bayi Anda dan memberikannya waktu istirahat yang cukup.

penyakit batuk, Amerika, bayi