Pijat dan Peredaran Darah

Pijat dan peredaran darah adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kematian mendadak, stroke tiba- tiba, serangan jantung, tidak bisa berjalan, sulit bergerak, kelumpuhan tiba- tiba, dan penyakit- penyakit yang tidak kalah mengerikan lainnya bisa terjadi hanya muncul setelah seseorang selesai dipijat yang membuatnya jadi tidak nyaman. Beberapa hal diketahui bisa dilakukan karena peredaran darah yang kurang lancar.

Tak semua pijat bisa melancarkan peredaran darah. Ada juga jenis gerakan pijat yang malah bisa membuat aliran darah pecah dan yang bersangkutan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Bagaimana pijat yang baik untuk peredaran darah? Hal yang paling penting adalah menemukan titik-titik pusat dari peredaran darah bagian tubuh yang sakit. Telapak kaki dan jari-jari tangan adalah dua bagian tubuh yang bisa dibilang menjadi pusat dari peredaran darah. Di dua bagian tubuh tersebut seolah ada link dengan bagian tubuh yang sedang sakit.

Ini Penyebab Sakit Kepala Setelah Dipijat

Beberapa orang kadang merasa sakit kepala setelah dipijat. Berbagai faktor bisa menjadi pemicu munculnya sakit kepala setelah dipijat. Hal ini karena seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (12/8/2011):

  1. Pemijatan berfungsi mengubah aliran darah dalam tubuh, seperti mengecilkan dan membuat pembuluh darah jadi rileks. Perubahan yang terjadi pada aliran darah ini bisa memicu sakit kepala.
  2. Jika disertai dengan dehidrasi saat ia menerima pijatan, maka faktor ini akan membuat seseorang sakit kepala setelah dipijat.
  3. Beberapa terapis mengatakan bahwa sakit kepala yang muncul setelah pemijatan adalah akibat tubuh melepaskan racun, tapi hal ini belum terbukti secara ilmiah.

Umumnya sakit kepala akan untuk menghindari munculnya sakit kepala setelah dipijat yaitu:

  1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, usahakan untuk mengonsumsi air yang cukup sebelum dan setelah dipijat.
  2. Menjaga kadar gula darah agar tetap normal dengan mengonsumsi makanan kecil 1 jam sebelum dipijat.
  3. Mengonsumsi segelas jus buah setelah pemijatan selesai.
  4. Melakukan peregangan secara teratur terutama sebelum dipijat untuk menjaga otot tetap hangat dan lentur sehingga mengurangi risiko terkena sakit kepala.