Pertumbuhan, Perkembangan dan Perawatan Bayi Usia 4 Bulan

Bayi 4 bulan anda bertambah waspada dan responsif hari demi hari. Berikut pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 4 bulan yang bisa anda harapkan dicapai buah hati anda.

Umumnya bayi baru mulai tumbuh gigi pada usia delapan bulan, namun ada sebagian bayi yang sudah tumbuh gigi pada usia empat bulan. Untuk perkembangan motorik halus, bayi anda semakin terampil sekarang. Bahkan ada bayi yang sudah bisa berguling telentang dari posisi tengkurap.

buah hati

Di usia empat bulan, penglihatan bayi semakin tajam, juga mulai belajar mengenali emosi anda dari suara dan ekspresi wajah anda.

Hindari memberi makanan padat pada bayi usia 4 bulan. Pastikan bayi anda sudah bisa menopang kepala dan lehernya dengan baik serta bisa duduk tegak dengan ditopang.

Perawatan bayi usia 4 bulan termasuk menemani bayi anda bermain. Ceritakan apa yang sedang anda kerjakan, yang ia kerjakan, objek yang dipegangnya dan segala sesuatu yang menarik perhatiannya. Dengan mendukung minat alami bayi anda, anda menunjukkan respek atas perkembangannya sebagai individu yang unik.

Anda juga bisa mulai membacakan buku cerita kepada buah hati anda. Tanpa anda sadari seiring dengan tumbuh kembang bayi 4 bulan anda, ia akan semakin tertarik dengan suara anda dan objek yang anda ceritakan. Sentuh bayi anda. Mengasuh bayi anda meningkatkan pelepasan hormon yang berguna untuk pertumbuhan bayi 4 bulan anda.

Memijat bayi merupakan bagian dari perawatan bayi 4 bulan. Luangkan waktu beberapa menit sehari untuk memijat bayi anda untuk mendukung perkembangan bayi 4 bulan anda.