Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Dua belas bulan pertama kehidupan bayi anda merupakan masa-masa tumbuh kembang bayi yang menakjubkan. Berikut ulasan singkat perawatan dan perkembangan bayi usia 1 bulan.

Gerak refleks bawaan lahir meliputi:

  1. Mengisap – segera setelah lahir, bayi anda akan mulai mencari dan melekat pada payudara untuk makan.
  2. Naluri untuk melangkah – jika anda meletakkan kaki bayi pada permukaan solid sambil menopang tubuhnya, akan kelihatan bayi anda melangkah.

Bayi baru lahir hanya bisa melihat dengan jelas pada jarak dekat sekitar 25 cm. Yang berarti bayi anda bisa melihat wajah anda saat menyusui, bahkan akan lebih suka menatap wajah anda dibandingkan objek lainnya karena pada dasarnya bayi lebih tertarik dengan wajah manusia.

Bulan pertama adalah tahap penyesuaian untuk orang tua dan tahap pengaturan untuk bayi baru lahir. Yang paling dibutuhkannya pada tahap ini adalah sentuhan anda yang mencintainya. Lakukan kontak kulit dengan bayi anda sebanyak mungkin, misalnya dengan menggendong dan mengayunkan bayi anda dengan lembut, akan membuat bayi anda merasa nyaman dan disayangi.

Bayi anda bisa mencapai milestones-nya lebih lambat. Jika anda kuatir dengan perkembangan bayi 1 bulan anda, silakan konsultasikan dengan dokter anak anda.