PERKEMBANGAN BAYI USIA 2 BULAN

bayi usia 2 bulan

Bayi bayi usia 2 bulan suka memperhatikan wajah orang-orang terdekatnya dan mulai mengenali wajah dan bau bundanya,  dapat menggerakkan otot tangan dan kakinya dengan baik. Kemampuan refleks bayi terus berkembang seiring usianya yang bertambah, salah satunya kemampuannya menjulurkan lidah dan membuat gelembung dengan air ludahnya. Menjulurkan lidah adalah metode bayi berkomunikasi dengan orang lain, misalnya mungkin bayi melet karena ia sudah ada keinginan untuk berinteraksi.

Yang dilakukan bayi sesuai dengan tahap perkembangannya. Maka saat orang-orang di sekelilingnya menjulurkan lidah di hadapannya, si bayi akan ikut-ikutan menirukan hal tersebut. Hubungan yang terjalin antara bayi dengan Bunda dan Ayah merupakan sumber kekuatan emosional dan kognitif anak di masa mendatang. Jadi tak perlu kuatir dengan perilaku bayi seperti ini.

Mainan berwarna-warni dan bergemerincing  dapat digunakan untuk merangsang kepala bayi bergerak mengikuti benda,  untuk melatih kemampuan motorik dan  spasialnya. Untuk melatihnya menggerakkan bola mata ke kiri-kanan dan atas-bawah, telentangkan bayi, gerakkan mainan di dekat wajahnya ke kanan, ke tengah dan ke kiri secara perlahan. Ulangi sampai bayi dapat mengikutinya.

Agar bayi dapat mengangkat kepala dan dada, telungkupkan bayi lalu bunyikan mainan di depannya.

Facebook Comments