Penyebab Sariawan dan Cara Mengobatinya

Sariawan biasanya terjadi karena faktor trauma, misalnya bibir kegigit saat makan, dan penyebab lainnya adalah kurangnya asupan vitamin C dan zat besi, stres dan kondisi tubuh yang kurang fit, dan biasanya wanita akan lebih rentan terserang sariawan dibandingkan dengan pria.

Beberapa faktor penyebab sariawan pada mulut:
1. Faktor trauma, merupakan pemicu terjadinya sariawan seperti terkena sikat gigi, kegigit saat makan, mengkonsumsi makanan yang terlalu panas.
2. Obat kumur dan pasta gigi, seringkali penggunaan odol yang terlalu keras dapat menyebabkan permukaan rongga mulut menjadi kering sehingga dapat mengakibatkan iritasi dan sariawan.

Beberapa tips supaya kita terhindar dari sariawan diantaranya:
1. Menggosok gigi dengan cara yang benar dan lembut agar gusi tidak tersodok sikat gigi.
2. Stres yang berlebihan dapat juga memicu terjadinya sariawan karena itu hindari hal-hal yang memicu terjadinya stres.
3. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin C, zat besi, asam folat dan vitamin B12 agar terhindar dari sariawan.

Daun sirih merupakan obat herbal alami yang memiliki kandungan antiseptik yang sangat efektif untuk membunuh kuman penyebab sariawan, juga dapat digunakan untuk mengatasi gusi berdarah dan bau mulut. Daun sirih bisa dikunyah sampai bagian sariawan terkena daun sirih setelah itu dibuang.