Penyebab, Gejala dan Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal anda, terbentuk dari mineral dan asam garam, dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin.

gejala batu ginjal

Batu ginjal dapat menimbulkan tanda dan gejala sampai batu tersebut bergerak di dalam ureter –pipa yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih, sering tidak terdefinisikan dengan satu penyebab, terbentuk ketika komponen urin –cairan dan berbagai mineral dan asam- hilang keseimbangan. Pada saat yang sama, pada urin anda terdapat zat yang mengkristal dan menggumpal sehingga terbentuk batu ginjal.

penyebab batu ginjal

Jenis-jenis batu ginjal:
1. Batu kalsium, biasanya berbentuk kalsium oxalate.
2. Batu struvite, terbentuk sebagai respon terhadap infeksi, seperti infeksi saluran urin.
3. Batu uric acid, terbentuk pada mereka yang mengalami dehidrasi, makan makanan tinggi protein dan yang memiliki encok.
4. Batu cystine, memiliki kasus yang sedikit, terbentuk pada mereka yang memiliki kelainan secara turun temurun yang menyebabkan ginjal menghasilkan asam amino tertentu dalam jumlah banyak.
5. Batu lainnya. Kasus batu ginjal langka lainnya juga dapat terjadi.

penyakit batu ginjal

Mengetahui jenis batu ginjal yang anda alami dapat membantu anda mengerti yang menyebabkan batu ginjal terbentuk dan dapat memberikan petunjuk yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko mengalami batu ginjal.