Penyakit Otak dan Saraf

Tulang tengkorak yang tebal dan keras membantu melindungi otak, bisa terluka meskipun tidak terdapat luka yang menembus tengkorak.

otak, kerusakan otak, Cedera kepala khususBerbagai cedera bisa disebabkan percepatan mendadak yang memungkinkan terjadinya benturan. Kerusakan otak bisa terjadi pada titik benturan dan sisi yang berlawanan.

otak, kerusakan otak, Cedera kepala khususCedera kepala yang tampaknya ringan kadang bisa menyebabkan kerusakan otak yang hebat. Kerusakan otak seringkali menyebabkan kelainan fungsi yang menetap, yang bervariasi tergantung kepada kerusakan yang terjadi, apakah terbatas atau lebih menyebar.

Kelainan fungsi yang terjadi tergantung bagian otak yang terkena. Kelainan fungsi otak yang difus bisa mempengaruhi ingatan dan pola tidur penderita dan bisa menyebabkan kebingungan dan koma.

Cedera kepala khusus:otak, kerusakan otak, Cedera kepala khusus

  1. Konkusio adalah hilangnya kesadaran sekejap, setelah terajdinya cedera pada otak yang tidak menyebabkan kerusakan fisik yang nyata, bahkan bisa terjadi setelah cedera kepala yang ringan, tergantung goncangan yang menimpa otak di dalam tulang tengkorak.
  1. Gegar Otak & Robekan Otak. Gegar otak merupakan memar pada otak, yang biasanya disebabkan pukulan langsung dan kuat ke kepala. Robekan otak adalah robekan pada jaringan otak, yang seringkali disertai luka di kepala yang nyata dan patah tulang tengkorak. Gegar otak dan robekan otak lebih serius daripada konkusio. MRI menunjukkan kerusakan fisik pada otak yang bisa ringan. Jika otak membengkak, maka bisa terjadi kerusakan lebih lanjut pada jaringan otak; pembengkakan yang sangat hebat bisa menyebabkan herniasi otak.
  2. Perdarahan Intrakranial. Hematoma yang luas akan menekan otak, menyebabkan pembengkakan dan pada akhirnya menghancurkan jaringan otak. Hematoma yang luas juga akan menyebabkan otak bagian atas mengalami herniasi.

otak, kerusakan otak, Cedera kepala khususotak, kerusakan otak, Cedera kepala khususKelainan-kelainan akibat cedera kepala:

  1. Epilepsi Pasca Trauma. Kejang terjadi pada sekitar 10 % penderita yang mengalami cedera kepala hebat tanpa adanya luka tembus di kepala dan pada sekitar 40 % penderita yang memiliki luka tembus di kepala.
  2. Pengobatan ditujukan pada penyakit yang mendasarinya, yang telah menyebabkan kelainan fungsi otak.
  3. Pada cedera otak yang hebat, amnesia bisa bersifat menetap.

otak, kerusakan otak, Cedera kepala khususJenis dan beratnya kelainan tergantung pada lokasi dan beratnya kerusakan otak yang terjadi.

Tengkorak retak adalah retaknya tulang yang mengelilingi otak, dapat terjadi dengan atau tanpa kerusakan otak, bisa melukai arteri dan pembuluh darah, yang kemudian berdarah ke dalam daerah yang mengelilingi jaringan otak. Orang yang mengalami tengkorak retak, kerusakan otak kemungkinan bisa lebih parah dibandingkan dengan orang yang menderita luka kepala tetapi tidak retak.

Tengkorak yang retak pada anak: pada bayi yang mengalami tengkorak retak, selaput di sekitar otak kadangkala menonjol terus dan menjadi terperangkap oleh retakan, membentuk kantung berisi cairan yang disebut retak yang berkembang.

Seorang anak dengan tengkorak yang retak dirujuk ke rumah sakit jika:

  1. Gejala-gejala diduga kemungkinan luka otak.
  2. Anak tersebut telah pingsan, walau sebentar.
  3. Gejala-gejala dugaan sebuah retakan pada dasar tengkorak.
  4. Anak yang diduga mengalami kekerasan.

otak, kerusakan otak, Cedera kepala khususLuka memar dan goresan otak bisa menyebabkan pendarahan di otak. Luka yang lebih hebat menyebabkan pembengkakan dalam otak, kerusakkan jaringan otak berlanjut.