Pengertian Biang Keringat

Biang keringat adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan bisa menyebabkan sensasi menyengat pada bagian kulit. Pada bayi, biang keringat biasanya muncul pada bagian leher, dan terkadang pada bagian ketiak, lipatan siku, dan selangkangan. Pada orang dewasa, biang keringat akan muncul pada lipatan kulit yang bergesekan dengan pakaian.

Berikut ini berbagai jenis biang keringat yang diketahui.
1. Miliaria rubra, muncul di lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya terjadi pada wilayah dengan suhu yang panas. Keringat akan berkurang pada bagian yang terpengaruh. Kulit akan mengalami inflamasi dan terasa sakit akibat keringat yang tidak bisa keluar dari permukaan kulit.

2. Miliaria profunda, adalah jenis biang keringat paling jarang terjadi dan berdampak pada dermis, lapisan kulit yang lebih dalam, bisa bersifat kronis dan sering kambuh. Tanda-tanda yang muncul akibat kondisi ini adalah bintil berwarna merah yang berukuran lebih besar dan lebih keras.

Segera temui dokter jika ruam terlihat makin parah, gejala yang muncul bertahan cukup lama, atau Anda melihat adanya tanda-tanda infeksi, seperti:
1. Demam dan menggigil.
2. Rasa sakit makin bertambah.
3. Nanah keluar dari bintil dan benjolan ruam.
4. Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak dan selangkangan.

Biang keringat disebabkan keringat yang terjebak di balik kulit akibat kelenjar keringat tubuh yang terhambat sehingga keringat tidak menguap. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menghambat kelenjar keringat tubuh, yaitu:
1. Iklim tropis. Kemunculan biang keringat bisa disebabkan cuaca yang panas dan lembap.
2. Aktivitas fisik tertentu. Olahraga dan juga pekerjaan yang memerlukan aktivitas fisik yang berat sehingga menyebabkan keluarnya banyak keringat juga bisa menyebabkan terjadinya biang keringat.
3. Kelenjar keringat belum berkembang. Kasus biang keringat lebih mudah terjadi pada bayi, terutama pada bayi yang sedang dihangatkan dengan inkubator, memakai pakaian yang panas.

Langkah-langkah untuk mengatasi biang keringat:
1. Menghindari panas berlebih dan tempat yang lembap.
2. Pakaian yang longgar.
3. Penggunaan krim hidrokortison, sangat efektif mengatasi bagian kulit yang mengalami gatal-gatal dan iritasi.