Panca Indera dan Refleks Bayi Baru Lahir

Kita percaya bahwa bayi tidak dapat melihat pada saat ia lahir dan ketika ia pada akhirnya dapat melihat, ia belum dapat membedakan warna. Saat bayi tenang dan terjaga, ia dapat melihat pada objek yang jauhnya 17,5-45 cm.

Bayi Anda dapat mendengar detak jantung Anda, suara Anda, suara pasangan Anda dan suara internal dan eksternal lainnya sewaktu ia masih berada di dalam kandungan, akan menjadi tenang jika mendengar suara-suara yang dikenalnya, juga akan menjadi terkejut jika mendengar suara yang keras dan mendadak.

Pada kenyataannya bau susu yang keluar dari payudara Anda sewaktu menggendongnya akan merangsang bayi untuk mengulum dan menghisap payudara.

Bayi Anda dilahirkan dengan refleks normal. Saat ia semakin dewasa, banyak dari refleks ini yang akan hilang. Jika bayi terbaring telungkup, ia akan mengangkat kepalanya dan memutar ke samping untuk menghindari penyumbatan. Seorang bayi baru lahir bukanlah mahluk yang tidak berdaya. Beberapa refleks mempunyai nama khusus:
1. Refleks moro, terjadi jika bayi Anda kaget terhadap suatu bunyi, cahaya terang. Bayi lebih mudah terkejut jika ia berbaring terlentang.
2. Refleks menggenggam, terjadi jika Anda meletakan jari-jari Anda di telapak tangannya; ia akan memberi respons dengan menggenggam jari anda dengan kencang.
3. Bayi Anda lahir dengan refleks menelan dan mengisap, yang sudah berkembang dengan baik; refleks bertahan hidup ini memungkinkan bayi makan dan hidup. Jika ia butuh menentramkan diri, ia akan mengulum jari-jari Anda.