Obat Sakit Perut Tradisional

Sakit perut adalah penyakit yang terjadi akibat perut bagian dalam membesar sehingga berkurangnya ruang bebas di dalam perut. Contoh penyakit yang dapat menyebabkan perut terasa sakit adalah diare, konstipasi, disentri, sembelit, sakit maag, asam lambung dan banyak lagi. Nah untuk penanganan tersebut tentunya ada obatnya dan terjual di beberapa toko dan apotik.

perut bagian dalam, garam, Daun Delima PutihSakit perut juga tanda seorang wanita akan menstruasi, jika Anda tertarik dengan pengobatan yang berbau tradisional, tentu sudah ada obat herbal untuk menyembuhkan sakit perut, berikut ini resep pembuatannya.

  1. Daun Iler. Petik 6 lembar daun iler yang muda dan segar, siapkan juga garam beserta air hangat seperlunya. Cuci semua daun iler dengan air matang yang bersih, kemudian tambahkan garam. Kunyah agar lumat dan halus, jika sudah barulah ditelan. Terakhir, cepat minum air hangat agar sisa daun yang tersisa di mulut dan tenggorokan terbawa ke dalam usus.
  1. Akar Bunga Teratai. Bahan berupa 50 gram akar bunga teratai dan 10 gram jahe, dicuci bersih kemudian blender dan peras, tampung air dalam gelas. Minum air hasil perasan kedua bahan.
  1. Siapkan 1/2 jari rimpang kunyit, 1/2 sendok teh rasuk angin, 3 biji ketumbar, 1 lembar daun tawas dan 1 buah kayu ules. Tumbuk semua bahan hingga halus, rebus dalam satu gelas air. Saring air dan minum ketika sudah dingin. Anjuran pengobatan: 2 x 1 gelas dalam sehari.
  1. Daun Delima Putih. Persiapkan 5 gram daun delima putih segar, 6 gram buah jambu biji dan 2 gram rimpang temugiing. Jangan sampai tertinggal 110 ml air matang. Semua bahan digiling dan rebus dalam 110 ml air, kemudian minum.
  1. Akar Bunga Matahari. Persiapkan akar bunga matahari kering secukupnya dan air panas sebanyak setengah gelas. Akar bunga matahari yang kering ditumbuk hingga halus dan kemudian diseduh dengan setengah gelas air panas. Lalu minum air seduhan akar bunga matahari tersebut seperti minum kopi sebanyak 2-3 kali sehari.
  1. Biji Jati Belanda. Sediakanah 13 butir biji jati belanda dan setengah gelas air panas.
    Biji jati belanda disangrai kemudian ditumbuk hingga halus dan seduh dengan setengah gelas air panas. Kemudian minum ramuan ini selagi masih hangat.perut bagian dalam, garam, Daun Delima Putih
  1. Daun Cermai. Sediakanlah 3 gram daun cermai dan setengah gelas air panas. Kemudian cuci bersih daun ceremai lalu dikeringkan dan ditumbuk hingga halus, hasil tumbukan tersebut bisa diseduh dengan setengah gelas air panas. Setelah dingin, lalu airnya diminum sekaligus bersama ampasnya.
  2. Buah Kapulaga. Siapkanlah 5 butir buah kapulaga dan 3 gelas air untuk merebus. Kemudian rebuslah kapulaga tersebut dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, buahnya dimakan.
  1. Ramuan Curcuma. Sediakan rimpang jahe, bangle, kencur dan lempuyang wangi masing-masing setengah jari tangan. Sediakan juga air satu gelas. Semua bahan dicuci bersih dan diiris tipis-tipis. Lalu kemudian direbus dengan segelas air hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya disaring lalu diminum.

Itulah obat sakit perut tradisional, sebenarnya masih banyak bahan yang bisa dijadikan obat untuk meredakan rasa sakit pada perut, tetapi beberapa resep di atas sudah mewakili.perut bagian dalam, garam, Daun Delima Putih

Sakit di bagian perut merupakan gejala awal beberapa penyakit berikut:

  1. Empedu: Cholecystitis, Cholelithiasis, Choalingitis.
  2. Kolon: Colitis, Diverticulitis.
  3. Hati: Abses, Hepatitis, Massa.
  4. Paru-paru: Embolus, Pneumonia.
  5. Gangguan ginjal seperti Batu Ginjal dan Pyelonephritis.perut bagian dalam, garam, Daun Delima Putih

Nah untuk selanjutnya ada juga solusi yang tepat untuk ibu menyusui seperti inisiasi menyusui dini

perut bagian dalam, garam, Daun Delima Putih