Mewariskan Cerita Rakyat Nusantara di Tengah Pluralisme Budaya Indonesia

Dalam cerita rakyat, khayalan manusia memperoleh kebebasan yang mutlak karena di situ ditemukan hal-hal yang tidak masuk akal, yang tidak mungkin ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pewarisan nilai dan konsepsi melalui cerita yang sudah sedemikian mapan telah menjadi budaya turun-temurun di masyarakat nusantara. Cerita tidak saja merefleksikan nilai-nilai sosial budaya masyarakat dahulu, tetapi juga mengantarkan nilai-nilai itu kepada masyarakat sekarang. Hal itu disebabkan cerita pada satu generasi diwariskan dari cerita masyarakat sebelumnya (Nurgiantoro, 2005: 117). Penjelasan dan berbagai kutipan di atas menggambarkan peran penting cerita rakyat sebagai sarana komunikasi antar generasi dan pengembangan pengetahuan di dalam masyarakat yang bersifat homogen.

Cerita rakyat tidak mengenal nama pengarang. Di dalam cerita rakyat dari berbagai daerah terdapat kesamaan pada kesatuan-kesatuan cerita (tale types) atau unsur-unsur kesatuan cerita (tale motifs) (Danandjaya, 1986: 327). Negosiasi antara yang lokal dan yang global mengambil bentuk penyesuaian-penyesuaian lokalitas dalam interaksinya dengan globalitas.

kehidupan sehari-hari, cerita rakyat, penggalianTerdapat dua aspek penting yang harus diperhatikan terkait dengan strategi revitalisasi cerita rakyat dalam kancah global.
1. Penggalian dan penyajian cerita rakyat. BKPBM telah menggali ribuan cerita rakyat dari berbagai daerah di nusantara, bahkan dari komunitas yang masih menganut ajaran animisme-dinamisme, kemudian memilah dan menentukan cerita-cerita yang punya nilai edukasi bagi anak-anak.
2. Penggunaan teknologi informasi sebagai sarana publikasi. Dalam konteks global, cerita rakyat nusantara yang kita orientasikan sebagai salah satu sumber global penuntun tindakan sosial masyarakat luas, mau tidak mau harus dipublikasikan melalui teknologi informasi modern. Teknologi internet digunakan oleh BKPBM untuk menduniakan cerita rakyat melalui bahasa Indonesia, Inggris dan Prancis, seperti dapat dilihat di www.melayuonline.com dan www.ceritarakyatnusantara.com.

kehidupan sehari-hari, cerita rakyat, penggalianStrategi yang diterapkan oleh BKPBM di atas bertujuan untuk menjadikan cerita rakyat sebagai produk budaya yang dinamis. Nilai dan pesan dalam cerita rakyat semaksimal mungkin diungkapkan dan ditanamkan bukan hanya kepada masyarakat pemilik cerita, tetapi kepada masyarakat Indonesia dan dunia, melalui buku dan teknologi informasi modern.

kehidupan sehari-hari, cerita rakyat, penggalianCerita rakyat yang tersebar di berbagai pelosok nusantara merupakan kekayaan budaya yang masih kurang diperhatikan, tidak berkaitan dengan pemilik cerita rakyat, tetapi berkaitan dengan kurangnya upaya penggalian dan publikasi secara nasional dan global oleh pihak-pihak yang berkompeten. Sebagai faktor penting dalam pembentukan identitas dan kebudayaan nasional, cerita rakyat sangat perlu digali, dikembangkan, dan disosialisasikan. Terlebih lagi dalam masyarakat multikultur yang membutuhkan simbol universal yang dapat memelihara sistem sosial yang terintegrasi.

kehidupan sehari-hari, cerita rakyat, penggalian