Merawat Bayi Prematur

Bayi prematur butuh perawatan khusus dan lebih seksama daripada bayi normal. Untuk perkembangan optimal bayi prematur, ciptakan suasana seperti di dalam rahim.
1. Posisi tidur. Buat ‘sarang’ di atas tempat bayi tidur dari gulungan handuk tebal yang dibentuk menyerupai huruf U. letakkan bayi dalam ‘sarang; tersebut dalam posisi seperti di dalam rahim, yakni kedua lengan dan tungkai tertekuk, serta tangan berada sedekat mungkin dengan garis tengah dan mulut. Dengan ‘sarang’ itu, setiap bayi bergerak, dia selalu merasa dipeluk dan tidak akan kaget karena merasa terjatuh ke sisi kiri/kanan.
2. Pegang bayi dengan benar, yaitu perlahan, tidak membuatnya tersentak.
3. Lampu redup saat menyusu dan tidur sehingga bayi tidur lebih lama, koordinasi bernapas dan menelan saat minum lebih baik, dan kenaikan berat badan lebih tinggi.
4. Tak boleh lelah. Misalnya ganti popok, memakai baju dan menyusuinya, sehingga bayi kelelahan.
5. Bicara pelan saat bayi tidur.
6. Perawatan metode kanguru untuk mempertahankan suhu tubuh bayi, menstabilkan denyut jantung dan napas, membuat tidur lebih banyak, jarang menangis, meningkatkan produksi ASI dan bonding. Dianjurkan untuk bayi dengan berat badan dibawah 2.500 gram.
7. Hangatkan telapak tangan Anda saat memegang bayi.
8. Saat bicara dengan bayi, pertahankan jarak wajah Anda 20-30 cm di hadapannya.

bayi prematur