Menyusui & Sakit Kuning

Penyakit kuning atau hiperbilirubinemia terjadi karena pembentukan bilirubin di dalam darah, bilirubin merupakan pigmen kuning yang terbentuk dari pemecahan sel-sel darah merah yang sudah tua. Lebih banyak bilirubin yang dihasilkan pada tubuh bayi baru lahir. Jika bayi lahir prematur, atau stres karena proses kelahiran yang sulit, atau bayi dari ibu yang menderita diabetes, atau jumlah sel darah merah yang pecah lebih banyak dari biasanya, maka jumlah bilirubin dalam darah dapat meningkat lebih dari level yang seharusnya.

Penyakit kuning yang disebabkan bilirubin yang terkonjugasi selalu abnormal, seringkali serius dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dan segera. Bagaimana panduan penanganan pada bayi kuning dengan benar dan aman?

hati-hati

  1. Menyusui, dapat dan harus diteruskan kecuali untuk sebagian kecil penyakit metabolisme yang ekstrim. Ada suatu kondisi yang biasa disebut breastmilk jaundice, merupakan sesuatu yang Pemikiran yang salah dengan bayi sakit kuning datang dari fakta bahwa pemberian susu formula pada bayi adalah model yang kita anggap sebagai cara pemberian makan yang normal pada bayi dan kita menyamaratakannya dengan ibu menyusui dan bayi ASI. Kadar bilirubin yang lebih tinggi dan lebih lama dari sakit kuning biasa dapat terjadi karena bayi tidak mendapatkan cukup ASI, dapat disebabkan produksi ASI membutuhkan waktu lebih lama daripada biasanya, atau karena kebiasaan di rumah sakit yang membatasi menyusui, atau karena pelekatan bayi tidak baik sehingga bayi tidak mendapatkan cukup ASI yang tersedia. Jika bayi menyusu kurang baik, membantu bayi melekat dengan lebih baik dapat membuat bayi menyusu lebih efektif dan mendapatkan lebih banyak ASI.

hal penting

  1. Sinar matahari akan membantu pemecahan sel menjadi sempurna.
  • Waktu jemur yang baik untuk bayi anda. Sebaiknya bayi yang terkena penyakit kuning dijemur pada waktu yang tepat sekitar pada pukul 8 sampai 9 di pagi hari.
  • Waktu jemur dapat mencapai 30-60 menit. Menjemur bayi dapat dilakukan tanpa harus terlalu lama, anda dapat menjemur bayi yang terkena kulit kuning ini hanya 30 atau maksimal 60 menit .Terlebih bayi anda masih memiliki kulit yang sensitif.
  • Menjemur bayi tanpa mengenakan pakaian. Disarankan bagi anda yang akan menjemur bayi dilakukan di dalam rumah yang terkena sinar matahari.

level

Lakukan pula interaksi dengan bayi anda sehingga membuatnya tenang dan pemijatan ringan sehingga bayi anda merasakan kenyamanan dan mengurangi stres pada bayi.