Mengenalkan MPASI Setelah Bayi Berusia 6 Bulan

Anda mulai bisa memperkenalkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) kepada bayi Anda setelah ia berusia 6 bulan. Untuk bisa menyimpan makanan dalam mulutnya untuk kemudian ditelan, bayi harus mulai berhenti menggunakan lidahnya untuk mendorong makanan keluar dari mulutnya.

mpasi

Ketika bayi sudah siap menerima MPASI, biasanya ia akan memberikan tanda-tanda:
1. Duduk dengan baik sambil bersandar: untuk bisa menelan dengan baik, tentu saja bayi harus sudah bisa duduk dengan tegak, walaupun dengan bersandar.
2. Mulai tertarik dengan makanan Anda.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pengenalan MPASI adalah sebagai berikut:
1. Tepung beras yang baik adalah yang berasal dari beras pecah kulit yang lebih banyak kandungan gizinya.
2. Utamakan memberikan MPASI dengan rasa asli makanan, karena bayi usia 6-7 bulan, fungsi ginjalnya belum sempurna. Untuk selanjutnya, gula dan garam bisa ditambahkan tetapi tetap dalam jumlah yang sedikit saja.

tepung beras

Tahap pengenalan MPASI:
1. Mulai usia 6 bulan: mulailah dengan makanan lunak seperti biskuit yang diencerkan pakai air. Bubur susu sebaiknya dibuat sendiri dari tepung beras yang dicampur dengan ASI. Mulai pemberian sayuran yang dijus, kemudian buah yang dhaluskan.
2. Mulai usia 7 bulan: perkenalkan dengan tekstur yang lebih kasar yaitu bubur tim saring. Coba terus seandainya bayi menolak karena tahap ini harus dilaluinya. Jika tidak nanti bayi akan malas mengunyah.
3. Mulai usia 9 bulan: mulai dikenalkan dengan bubur beras, lauk pauk dengan sayuran seperti sup.
4. Usia lebih dari 1 tahun: anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga.

6 bulan