Mengenal Pola Tidur Bayi

Siklus tidur bayi akan sangat berhubungan dengan seberapa sering ia menyusu. Asalkan ia mendapat makanan yang cukup, berapa lama bayi tidur akan bersifat individual dan tidak perlu dikawatirkan.

Sewaktu bayi Anda semakin besar, ia mungkin akan bangun di tengah malam dan kemudian tidur kembali. Jika bayi lapar, ia akan bangun, mencari-cari dan mengisap apa pun di dekatnya dan ia akan melambaikan lengan serta kakinya dengan kuat untuk memberi tahu anda bahwa ia lapar.

Tempat bayi tidur adalah keputusan yang bersifat pribadi. Dengan membaringkan bayi baru lahir dalam satu tempat dengan Anda, tidak berarti ia akan terus satu tempat tidur dengan Anda. Anda akan mengetahui kapan saat yang tepat untuk memindahkannya.

Ada 5 tahap tidur dan bangun yang telah diidentifikasi pada bayi;

  1. Tidur ringan, adalah yang paling umum ditemukan pada bayi baru lahir. Bayi memberi respons terhadap rangsangan. Kadang-kadang ia bangun dalam keadaan mengantuk, lalu masuk ke dalam tidur yang dalam. Bayi belum siap untuk bangun.

menyusu, bayi baru lahir, bayi

  1. Mengantuk. Tingkat aktivitasnya bervariasi dan kadang-kadang ia terkejut, akan kembali tidur. Jika anda ingin agar bayi kembali tidur, hindari menstimulasinya. Jika Anda menghendaki agar bayi bangun, angkat bayi, pijat.

menyusu, bayi baru lahir, bayi

  1. Tahap bangun tenang, adalah tahap yang menyenangkan untuk orang tua. Bayi Anda terbaring diam dan memandangi Anda dengan mata yang lebar, jernih dan tenang, bernapas secara teratur dan secara atentif memusatkan perhatian pada yang ia lihat dan dengar. Anda akan dapat bernyanyi dan nikmati saat-saat kontak mata, kesadaran dan ketenangan ini.
  1. Bangun aktif. Pernapasannya tidak teratur dan bayi sering berganti-ganti mimik. Saat bayi Anda masuk ke tahap bangun aktif, inilah waktunya untuk memberi susu.
  1. Bayi yang menangis merupakan masalah orang tua. Namun, umumnya bayi membutuhkan Anda untuk memberinya makan.

Berikut ini cara agar bayi bisa terlelap dalam tidurnya:

  1. Melatih tidur.
  2. Mengenali gerakan bayi.
  3. Letakkan bayi di tempat tidur.

Yang dibutuhkan agar tidur bayi berkualitas:

  1. Tempat tidur yang nyaman, bisa membuat bayi untuk bisa tidur yang berkualitas. Usahakan tempat tidur bayi memiliki ventilasi yang baik.
  2. Pakaian yang nyaman. Pakaian yang terlalu tebal akan membuat bayi gerah saat tidur.
  3. Ritual tidur, bermanfaat untuk membuat bayi tidur dengan nyenyak.
  4. Kelambu, bisa membuat bayi tidur dengan nyenyak.

menyusu, bayi baru lahir, bayi

Tidur berkualitas pada bayi harus diciptakan. Bayi sering menangis tengah malam dan sering terbangun saat tidurnya menandakan bayi memiliki waktu tidur yang tidak berkualitas.

menyusu, bayi baru lahir, bayi

Bayi yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya. Sistem imun pada bayi juga akan menurun jika tidak memiliki tidur yang berkualitas.