Mengatasi Muntah Pada Anak Dengan Bijaksana

Sebenarnya muntah sesekali pada anak adalah hal yang lumrah jika terjadi tidak lebih dari dua hari. Kemungkinan jika kondisi itu terjadi selama berhari-hari adalah tanda dari sebuah masalah yang serius dan memerlukan pertolongan medis secepat mungkin.

sistem pencernaan, gula, dokter

Pahami penyebab umum muntah berikut ini.

  1. Gastroenteritis yang terjadi pada sistem pencernaan, juga dikenal dengan istilah stomach flu. Tanda-tanda yang muncul biasanya berupa diare, demam, dan sakit perut.
  2. Anak tidak sengaja menelan substansi beracun, seperti obat, minuman yang terkontaminasi.
  3. Alergi makanan. Selain muntah, gejala yang muncul bisa disertai kulit merah dan gatal.
  4. Apendisitis yang menyebabkan rasa sakit perut tidak tertahankan yang makin parah seiring waktu.

Berikan cairan oralit yang takarannya bisa dicek dengan dokter. Namun jangan paksa anak untuk minum cairan ini jika masih muntah-muntah. Oralit mengandung gula dan mineral yang membantu menggantikan unsur-unsur yang hilang dari tubuh akibat muntah.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu sebelum memberikan obat apa pun. Bukan hanya agar jenis obat yang diberikan tepat tapi dosis dan aturan pemakaian yang benar juga bisa sesuai dan aman untuk umur, berat badan dan kondisi si kecil.

sistem pencernaan, gula, dokter

Saat si kecil sakit, kadang ada hal-hal yang tidak bisa Anda kendalikan, termasuk jika muntah pada anak makin parah. Saatnya Anda mengontak dokter jika muntah pada anak terjadi secara terus-menerus dan tidak sanggup menahannya.

sistem pencernaan, gula, dokter

Ketika muntah-muntah mereda dan nafsu makan kembali, Anda bisa mulai memberinya makan seperti biasa. Saatnya si Kecil bisa tersenyum kembali!

sistem pencernaan, gula, dokter