Mengatasi Flu, Pilek & Batuk pada Bayi

Apabila bayi mengalami batuk-pilek, Ibu harus waspada tapi tidak perlu terlalu panik. Karena umumnya, bayi yang baru lahir akan terkena 4 sampai 10 kali flu dan pilek selama satu tahun pertamanya.

Meski demikian, terkadang bayi memiliki daya tahan tubuh yang mencukupi untuk melawan virus flu dan pilek yang ditularkan tersebut. Yang harus Ibu ketahui, bersin dan batuk ketika sedang flu adalah bagian dari mekanisme pertahanan tubuh bayi dalam melawan virus tersebut.

Tips mengobati bayi yang sedang flu dan pilek:
1. Apabila bayi masih minum ASI, pastikan ia minum ASI yang banyak karena ASI merupakan obat yang paling ampuh dalam mengobati flu dan pilek pada bayi. Dalam air susu ibu terdapat kandungan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.
2. Apabila bayi sudah berumur di atas dua tahun, Ibu bisa memberikan air putih yang banyak dan sebaiknya jangan memberikan jus buah pada anak yang sedang flu dan pilek karena dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokanya yang sedang sakit.
3. Berikan madu apabila bayi Ibu sudah berusia di atas satu tahun untuk menjaga daya tahan tubuh bayi terhadap penyakit. Bayi di bawah satu tahun tidak direkomendasikan untuk diberikan madu.
4. Untuk menambah kenyamanan bernafas, tidurkan bayi dengan bantal yang lebih tinggi.
5. Beberapa terapis herbal merekomendasikan campuran antara jeruk nipis dan madu untuk meringankan batuk pada bayi di atas satu tahun.
6. Apabila anak sudah bisa diajak berpergian, mungkin Ibu bisa mengajaknya untuk berjalan-jalan ke pantai untuk menghirup udara pagi sebagai alternatif terapi pernafasan untuk penyembuhan flu dan pilek pada bayi.

Ibu, fluTips menyedot ingus:
1. Gunakan penyedot ingus khusus untuk bayi. Dijual di apotek, dengan merek khusus untuk bayi, seperti Pigeon, Chicco, Dreambaby dan lain-lain.
2. Bersihkan bagian yang akan dimasukkan ke hidung bayi dengan cara disteril dengan alat steril botol.
3. Lakukan dengan lembut, agar hidung bayi tidak teriritasi.