Memilih Mainan Si Kecil Usia 8-12 Bulan

Di usia 8-12 bulan, si kecil dibimbing untuk dapat belajar melalui bermain. Kemampuan bayi merangkak di rentang usia 8-12 bulan semakin meningkat. Kemajuan lain yang dicapai bayi usia 8-12 bulan adalah perihal keberadaan benda yang dilihatnya.

  1. Bola elastis. Khusus bayi usia 8-12 bulan, Anda dapat memberi bola berbahan lembut.
  1. Untuk mendukung kemampuannya menyusun benda-benda, meski belum beraturan dan berbentuk jelas, Anda dapat memberinya mainan balok berbahan kayu yang aman dan tidak mencederai. Pilihkan bentuk yang beranekaragam, sembari bermain Anda dapat mengenalkan bentuk-bentuk tersebut kepada anak anda. Anda dapat memilih balok-balok dengan bentuk yang berbeda dan warna yang mencolok untuk mengenalkan warna dan bentuk pada anak Anda. Dengan demikian selain dapat menggenggam benda, kemampuan untuk mengenali warna dan bentuk semakin dikuasai anak Anda.
  1. Mainan beroda. Seiring kemampuan bayi usia ini, bergerak dengan cara merangkak dan berjalan tertatih-tatih, ia mulai menyenangi mainan yang juga dapat bergerak. Anda dapat memberinya mainan seperti mobil-mobilan yang dapat ia gerakkan sambil berjalan mengelilingi ruangan.
  1. Mainan didorong, memberi kesempatan si kecil melatih kemampuan berjalannya. Anda dapat memberinya mainan beroda, seperti mobil-mobilan yang dapat ia naiki dan juga memiliki pegangan agar anak dapat mendorongnya mengitari ruangan.
  1. Telepon mainan. Bayi usia 8-12 bulan adalah pengamat dan peniru paling ulung. Dengan telepon mainan, anak belajar menggunakan benda sesuai fungsi.
  1. Si bebek boneka karet. Bayi usia 8-12 bulan mengenal dunia masih melalui inderanya. Bermain bebek karet saat mandi membantunyan belajar tentang dunia melalui indera peraba.