Memerah ASI Menggunakan Tangan atau Pompa ASI?

Bingung mau pilih cara mana dalam memerah ASI? Memakai tangan sendiri, atau lewat alat bantu perah, seperti pompa ASI manual atau elektrik? Bila memilih memerah ASI menggunakan tangan, perhatikan cara memerah yang benar, dan bila lebih suka memakai pompa ASI manual atau elektrik, ikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan.

memerah asi

Beberapa keuntungan memerah ASI menggunakan tangan:
1. Dengan memijat langsung pada payudara, anda dapat mengeluarkan ASI yang tinggal sedikit.
2. Anda tidak bergantung pada alat pompa. Ketika anda lupa untuk membawa pompa ASI, anda masih bisa untuk memerah ASI sendiri dengan tangan. Anda hanya memerlukan wadah yang steril untuk digunakan menampung ASI.
3. Ketika payudara anda kosong ketika sudah diperah, otak anda akan memerintahkan tubuh anda agar segera mengisi payudara anda dengan ASI.

payudara anda

Kekurangan memerah ASI menggunakan tangan:
1. Anda tidak dapat melakukan kegiatan yang lain karena tangan anda bekerja hanya untuk memerah ASI.
2. Membutuhkan tempat yang tertutup untuk memerah ASI.
3. Banyak ASI yang diperah bergantung pada kekuatan tangan ibu, jika tidak kecapekan saat memerah ASI, maka hasilnya akan lebih banyak.

asi

Keuntungan saat memompa ASI menggunakan pompa ASI:
1. Jika anda menggunakan pompa ASI manual, anda dapat memakai tangan kanan anda untuk memompa ASI.
2. Jika anda hanya menggunakan pompa ekektrik yang masih sederhana, dengan bantuan dari orang lain, anda dapat memerah ASI dan menyusui bayi anda secara berbarengan.
3. Anda dapat menghemat waktu, apalagi ketika anda menggunakan pompa ASI yang ganda, dapat memerah sekaligus kedua payudara anda.

waktu

Kekurangan saat memompa ASI menggunakan pompa ASI:
1. Ketika ASI ibu hanya tinggal sedikit maka ASI tersebut tidak dapat keluar dengan menggunakan pompa ASI.
2. Anda harus memperhatikan dengan sangat cermat petunjuk dalam menggunakan pompa ASI sehingga dapat menempatkan payudara anda dengan tepat, supaya tidak merasakan sakit ketika dipompa.
3. Anda akan tergantung kepada alat pompa, sehingga ketika pompa anda tertinggal, baterai pada pompa habis, dan tidak tersedianya tenaga listrik, maka tidak dapat memerah ASI. Selain itu anda juga harus membawa alat-alat lain selain wadah ASI.