Membeli Mainan Bayi Umur 0–3 Bulan Agar Tidak Membahayakan Bayi

Pada bulan-bulan pertama, sebelum bayi belajar untuk menangkap objek, bayi anda akan  terlebih dahulu belajar melihat dan mendengar. Benda-benda dengan warna-warna cerah memiliki daya tarik untuk bayi di usia ini.

bayi, membeli mainan, membahayakan bayi

Berikut ragam mainan bayi umur 0-3 bulan yang bisa dijadikan inspirasi saat Anda membeli mainan bayi:

  1. Mainan untuk digigit (theeters), dapat merangsang indera pengecap bayi.
  2. Mainan yang digantung. Warna-warni yang dihasilkan dari mainan yang digantung menjadi daya tarik tersendiri untuk bayi anda, akan menstimulasi penglihatan bayi anda.
  3. Dengan media boneka anda dapat mengajak bayi untuk berbicara, pada usia ini mata bayi sudah memainkan peranan kontak mata.
  4. Gelang gemerincing. Dapat melatih koordinasi panca indera bayi.
  5. Mainan dengan warna-warna kontras, tidak hanya mampu menstimulasi penglihatan bayi, juga dapat mengembangkan kemampuan motorik karena memicu bayi untuk menendang, bergoyang dan menggapai ketika bayi berusaha meraih obyek yang menarik perhatiannya.

Itulah beberapa mainan bayi yang bisa Anda jadikan inspirasi saat membeli mainan untuk buah hati Anda yang masih berumur 0–3 bulan.

bayi, membeli mainan, membahayakan bayi

Kenapa harus cermat sebelum membeli mainan bayi 3 bulan? Karena mainan yang tepat akan membantu bayi untuk menyempurnakan keterampilannya.

  1. Saat memilih mainan bayi 0–3 bulan harus dengan pola warna yang menarik perhatian bayi.
  2. Periksa mainan tersebut dengan cermat, jangan sampai ada jahitan yang longgar untuk mencegah bayi tersangkut pada benang tersebut, tidak ada tepi yang tajam dan runcing dari mainan itu dan mainan tidak mangandung cat timbal yang bisa membahayakan bayi.
  3. Memilih mainan untuk bayi yang digantung dan dapat bergerak karena mainan ini bisa memancing anak untuk aktif dan merangsang kemampuan bayi menangkap gerakan.

Pemilihan mainan bayi yang tepat sangat penting, selain agar tidak membahayakan bayi juga dapat tepat sasaran sesuai tujuan mengembangkan dan mengasah motorik bayi.

bayi, membeli mainan, membahayakan bayi