Kehamilan 38 Minggu Belum Ada Kontraksi

Banyak ibu hamil merasa was-was, ketika menginjak kehamilan 38 minggu tapi belum ada kontraksi. Bagaimana mengetahui adanya kontraksi persalinan? Selama kehamilan, ada dua macam kontraksi yaitu:

  1. Kontraksi palsu, akan terjadi walaupun Anda belum akan melahirkan, memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Kontraksi terasa hilang-timbul, tidak teratur.
  2. Lamanya kontraksi tidak semakin lama dan tidak semakin menguat.

Walaupun kontraksi ini terjadi, tidak menyebabkan melahirkan.

  1. Kontraksi persalinan: semakin lama jarak antar kontraksi semakin dekat.

dua macam kontraksi, Kontraksi, kehamilan 38 minggu

Bagaimana mengetahui adanya tanda-tanda persalinan? Kontraksi semakin sering dan semakin kuat.

Jadi kesimpulannya, jika saat ini kehamilan 38 minggu belum ada kontraksi, ibu tak perlu khawatir, yang perlu dilakukan adalah menunggu tanda-tanda persalinan tersebut muncul hingga batas waktu maksimal, yaitu kehamilan 41 minggu.

Induksi Alami Lebih Mudah dan Aman

Induksi alami dapat anda lakukan sejak usia kandungan menginjak usia 38 minggu. Dengan anda melakukan induksi secara alami sejak usia kandungan 38 minggu, sangat diharapkan ketika usia kehamilan menginjak 40 minggu, anda dapat segera melahirkan.

Berikut ini ialah beberapa cara induksi alami:

  1. Mandi menggunakan air hangat. Tubuh anda akan terasa lebih rileks. Anda juga dapat mengandalkan aromaterapi yang dapat menenangkan pikiran anda. Lakukan kegiatan yang membuat anda menjadi rileks.
  2. Melakukan kegiatan visualisasi bayi yang akan lahir, merupakan cara yang alami dalam memperlancar proses persalinan.
  3. Banyak minum air mineral untuk mempertahankan suhu dalam tubuh anda.
  4. Berkomunikasi dengan calon bayi anda. Anda dapat berkomunikasi dengan bayi anda yang masih berada di dalam kandungan. Hal ini dapat menciptakan beberapa pengalaman yang sangat indah serta memberikan kesempatan bagi anda dalam menciptakan ikatan anda dengan calon bayi anda ketika mencoba cara induksi yang alami saat persalinan.
  5. Lakukan Kegiatan Endorphin Massage.
  6. Lakukan Kegiatan Pelvicrocking serta Birthing Ball, sangat berguna bagi anda, dapat membantu bagian paling rendah janin untuk segera masuk pada dasar panggul.