Kapan Mata Bayi Mulai Dapat Melihat?

Apa yang dilihat mata bayi kecil Anda? Secara umum, indra penglihatan bayi terus mengalami perkembangan sejak ia dilahirkan. Ketika bayi kecil Anda baru lahir, Anda pasti tak sabar ingin melihat matanya segera terbuka. Pada umumnya bayi sudah dapat membuka mata beberapa hari setelah lahir. Jika ada yang bertanya umur berapa bayi bisa melihat, maka jawaban yang hampir pasti adalah pada saat usianya sudah 1 tahun. Lalu, apakah ia sudah dapat melihat saat itu?

mata bayi kecil, 4 bulan, umur

  1. Belajar Memfokuskan Penglihatan. Menginjak usia 1-3 bulan, penglihatan bayi yang tadinya masih kabur sudah mulai belajar fokus. Ia mulai dapat membedakan warna hitam dan putih secara lebih jelas serta warna-warna lain yang lebih sederhana.

mata bayi kecil, 4 bulan, umur

  1. Bisa Melihat Lebih Jauh. Saat ia berusia 4 bulan, mata bayi sudah mulai dapat melihat objek yang lebih jauh. Menginjak usia 5 bulan, mata bayi biasanya sudah mampu mengenali benda yang lebih kecil. Ia juga sudah dapat mengidentifikasi objek yang letaknya cukup jauh.

mata bayi kecil, 4 bulan, umur

  1. Penglihatannya Sudah Lebih Sempurna. Pada umur 1 tahunlah kemudian penglihatan bayi sudah berfungsi secara sempurna. Ia sudah dapat mengenali objek yang jauh dan dekat. Matanya semakin lincah dalam mengeksplorasi bentuk benda-benda baru yang ada di sekitarnya.

mata bayi kecil, 4 bulan, umur

Nah, demikianlah jawaban dari pertanyaan umur berapa bayi bisa melihat. Bayi yang baru lahir belum dapat melihat dengan jelas. Karena pandangannya masih kabur, kita sering melihat mata bayi baru lahir menerawang ke sana ke sini. Ia masih belum dapat membedakan warna-warna.

mata bayi kecil, 4 bulan, umur