Janin Sungsang, Bisakah Jalani Persalinan Normal?

Beberapa ibu berharap bisa menjalani persalinan secara normal. Jika biasanya pada bayi yang normal, kepala bayi berada di bawah berdekatan pada mulut rahim, namun yang terjadi pada persalinan sungsang, posisi bokong bayi dan kaki bayi terlebih dahulu lahir jika dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya. Bisakah seorang ibu dengan usia kandungan cukup, melahirkan normal meskipun kondisi janin di dalam kandungannya sungsang?

Persalinan sungsang bisa terjadi pada kandungan yang berusia di bawah 28 minggu, dapat terjadi sebanyak 50% hingga 70%. Menurut dr. Aryando Pradana, SpOG, pengasuh Konsultasi Kandungan detikHealth, janin yang terletak sungsang memiliki risiko mortalitas dan morbiditas yang lebih tinggi dalam persalinan normal. Tetapi kemungkinan janin dalam posisi sungsang menurun seiring makin besarnya usia kehamilan.

10 gejala kehamilan

“Tidak ada intervensi yang bisa dilakukan oleh ibu untuk mencegah bayinya letak sungsang. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kehamilan sungsang adalah mencegah punya anak terlalu banyak,” tutup dr. Aryando.

konsultasi kandungan

Anda Wajib Mengetahui 2 Hal Ini Yang Menyebabkan Sungsang

Posisi bayi yang sungsang di dalam rahim ibu dipengaruhi oleh beberapa hal seperti berikut:

  1. Ibu memiliki bentuk rahim yang kurang lonjong, air ketuban yang ada di dalam rahim masih banyak, juga bayi tersebut memiliki kepala yang relatif besar.
  2. Adanya kelainan yang terjadi pada kepala bayi yang disebabkan oleh anencephalus, hydrocephalus, dan lainnya.

obat tradisional

Persalinan sungsang sangat berbahaya baik bagi ibu maupun bagi bayi.

bayi sungsang