Jadwal Pemberian Makan Bayi 6 Bulan

Setelah berumur 6 bulan bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI, disebut sebagai makanan pendamping karena makanan utama bayi tetaplah ASI. Sebaiknya Anda mulai memberikan makanan pendamping saat bayi menunjukkan tanda-tanda siap untuk makanan pendamping, bukan berdasarkan kalender.

makanan

Beberapa bayi sangat tertarik dengan makanan orang tua mereka sejak usia empat bulan. Pada usia lima bulan kebanyakan bayi akan meraih dan mencoba mengambil makanan di piring orang tua mereka. Tidak ada alasan untuk mulai pada tanggal tertentu. Dalam beberapa kasus, mungkin lebih baik untuk memulai makanan lebih awal.

Menu makan bayi 6 bulan tidak sama dengan anak 9 bulan ke atas, sebab saat ini bayi belum memiliki gigi untuk memotong makanan. Bayi 6 bulan diberi makan sebanyak 2 kali sehari; sebaiknya sekali di pagi hari sekitar jam 9 – 10 pagi dan sekali di sore hari sekitar jam 4 -5 sore. Bubur susu dapat dipakai hingga anak berumur 8 bulan. Makan pisang gerus dapat dilakukan hingga bayi tumbuh gigi.

pisang gerusTidak ada urutan tertentu dan tidak perlu memberikan hanya satu jenis makanan untuk jangka waktu tertentu. Beberapa bayi ASI eksklusif usia 6 bulan tidak menyukai MPASI instan. Tidak perlu khawatir apalagi memaksa jika bayi menolaknya karena memang tidak penting. Lebih baik tawarkan bayi Anda makanan yang menarik baginya. Jangan membuang uang Anda pada makanan instan bayi. Hormati kesukaan dan ketidaksukaan bayi Anda. Tidak ada makanan yang lebih penting dari yang lain.

sayur

Banyak nenek yang menginginkan bayi mulai makan “makanan sungguhan”, sebaiknya jangan jika tidak ada alasan yang baik untuk mulai sejak 3 bulan.

bayi