Ingin Tahu Penyebab Sembelit pada Bayi?

Buang Air Besar (BAB) bisa terjadi pada siapa saja baik itu orang dewasa maupun bayi. Sembelit pada bayi terjadi jika bayi tidak buang air besar secara teratur dalam dua hari terakhir, dan jika kita perhatikan kotoran yang dikeluarkannya keras, penyebabnya:
1. Mengonsumsi susu formula. Jika bayi terpaksa harus diberikan susu formula, ada baiknya dikonsultasikan dulu pada dokter anak agar bisa memilih susu formula yang tepat sehingga tidak terjadi sembelit.
2. Mengonsumsi makanan padat. Bayi yang mulai memakan makanan padat untuk pertama kalinya juga rentan mengalami sembelit karena bayi baru mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping selain ASI.
3. Kekurangan cairan dalam tubuh bayi juga bisa menyebabkan bayi mengalamai sembelit, karena bayi tetap mengeluarkan cairan melalui kencing dan keringat.
4. Sembelit pada bayi juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi bayi ketika sakit, maka salah satu efek dari konsumsi obat-obatan dan antibiotik tersebut biasanya terjadi sembelit, maka konsultasikan pada dokter anak agar diberikan resep untuk mengatasi sembelit pada bayi.

tips perawatan bayi

Demikian sekilas mengenai penyebab sembelit pada bayi, semoga bermanfaat agar Anda tidak panik ketika bayi Anda mengalami sembelit.

sembelit pada bayi

Tips Mengobati Susah Buang Air Besar Pada Bayi
1. Berikan makanan yang mengandung serat.
2. Mandikan bayi dengan air hangat.

bayi mandi

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengobati masalah susah buang air besar pada bayi.

jamur mulut