Ibu Menyusui Suka Tips Melancarkan ASI Berikut Ini

Usia bayi yang baik untuk mendapatkan ASI adalah saat mereka berusia 0-24 bulan. Air susu yang memiliki banyak kandungan nutrisi adalah ASI. Sejatinya banyak faktor yang mempengaruhi produksi ASI. Prolaktin sendiri sangat berpengaruh terhadap produksi ASI sedangkan hormon oksitosin berpengaruh terhadap proses pengeluran ASI. Semakin banyak nutrisi yang masuk ke sang ibu maka semakin banyak hormon prolaktin, dan semakin banyak pula produksi air susunya. Oleh karena itu banyak yang menghimbau ibu-ibu yang menyusui untuk selalu memperhatikan makanan yang mereka makan agar makanan tersebut juga bisa menghasilkan nutrisi yang bertujuan untuk memperlancar produksi ASI. Semakin sering dihisap maka akan semakin banyak produksi hormon oksitosin yang berdampak terhadap lancarnya ASI yang keluar. Ada beberapa tips untuk membuat hormon prolaktin dan oksitosin ini bekerja secara optimal.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi secara seimbang dan baik, bertujuan agar ASI yang keluar dapat lancar dan eksklusif.
  2. Meningkatkan frekuensi menyusui, memompa dan memeras ASI,bertujuan untuk menciptakan produksi ASI yang banyak. Jika sang ibu sibuk bekerja, jarang menyusui dan takut akan berkurangnya produksi ASI, maka sang ibu tersebut dapat menggunakan alat khusus yang berfungsi untuk memompa payudara agar produksi ASI tetap banyak.

6 langkah