Flu Singapura

Pada kesempatan kali ini, mari kita pelajari Flu Singapura, gejala beserta ciri-cirinya, penyebab dan penularannya serta pengobatan di rumah untuk penderita flu singapura. Anak-anak lebih rentan terinfeksi flu singapura karena antibodi dan imunitas tubuh mereka lebih lemah dibandingkan orang dewasa.

Flu Singapura, Genus Enterovirus, orang-orang

Lantas kenapa disebut Flu Singapura? Karena penyakit ini pernah mewabah di Singapore hingga banyak sekolah dan fasilitas umum lainnya menjadi ditutup gara-gara penyakit ini sehingga penyakit ini menjadi populer dengan sebutan Flu Singapore. Flu Singapura adalah penyakit infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan yang banyak pada bibir dan mulut bagian dalam, luka lepuhan juga muncul pada tangan, kaki, dan terkadang pada bokong.

Flu Singapura, Genus Enterovirus, orang-orang

Penyebab Flu Singapura adalah virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Karena penyebabnya virus maka Flu Singapura ini mudah menular. Menurut Arti Kusumawati, dokter spesialis anak dari RS Hermina, Tangerang, Flu Singapura disebut pula dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut karena penyakit itu menyerang ketiga organ tersebut.

masalah sariawan

Gejala Flu Singapura biasanya akan muncul 3 sampai 6 hari setelah anak terpapar virus. Pada umumnya, penyakit yang disebabkan oleh virus itu menyerang anak-anak, terutama mereka yang usianya di bawah 10 tahun dengan stamina tubuh tidak prima. Ruam biasanya terdapat pada telapak tangan dan telapak kaki; dapat juga muncul pada lutut, siku, bokong. Beberapa anak yang terinfeksi Virus Flu Singapura ini mungkin tidak mendapatkan semua gejala penyakit.

Flu Singapura, Genus Enterovirus, orang-orang

Penyakit Flu Singapura biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus. Jangan memberikan makanan yang terasa asam, kerupuk, keripik.

Flu Singapura, Genus Enterovirus, orang-orang

Tidak ada vaksin yang dapat disuntikkan untuk melindungi terhadap virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Pencegahan dilakukan dengan menghindari kontak dekat seperti mencium, memeluk, orang-orang yang lagi sakit Flu Singapura.

Flu Singapura, Genus Enterovirus, orang-orang

Banyak orang menilai Flu Singapura tidak berbeda dengan Flu Burung. Hal itu dikarenakan gejala awal Flu Singapura hampir sama dengan Flu Burung, yaitu suhu tubuh meningkat. Flu Singapura tidak menimbulkan kematian dan tidak berbahaya, sementara Flu Burung termasuk penyakit yang mematikan. Oleh karena itu, menurut Arti, jika anak terserang penyakit Flu Singapura, orang tua sebaiknya jangan langsung panik. Penderita biasanya diberi obat penurun panas untuk mengatasi demam dan salep untuk menghilangkan bintik-bintik merah di kulit.

Flu Singapura, Genus Enterovirus, orang-orang