Emosi Ibu Berubah Paska Melahirkan

Kalau ada suami yang merasa isterinya lebih galak sehabis melahirkan, mungkin lebih tepat bila perubahan sikap itu dikaitkan dengan gangguan perubahan hormonal yang dialami isteri, perubahan jadwal isteri dalam menjalankan peran baru, dan hubungan interpersonal yang rendah antara suami-isteri. Akhirnya, pasanganlah yang sering menjadi ‘korban’ ibu.

pasangan

Penyebab Emosi Ibu Berubah Setelah Melahirkan

1. Perubahan hormonal. Sebagaimana telah disebutkan di awal, perubahan hormonal yang terjadi semenjak masa kehamilan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan kestabilan emosi ibu sampai setelah melahirkan bayi.

kestabilan emosi

2. Perubahan jadwal ibu. Kehadiran bayi tentu saja akan merubah jadwal ibu. Perubahan tersebut dapat menyebabkan emosi ibu turut berubah karena lelah.

emosi

3. Ibu merasa menjadi lebih dibutuhkan bayi. Jika sebelumnya emosi ibu menjadi lebih negatif seperti letih, stress, terdapat pula emosi yang justru lebih baik. Ibu menjadi lebih bergairah menjalani hidup karena merasa dibutuhkan oleh sang bayi.

4. Makanan. Jika diet ibu sesuai dengan petunjuk kesehatan, maka biasanya justru memberikan dampak positif bagi perubahan emosi ibu. Jika ibu kekurangan protein jenis tertentu misalnya omega 3, emosi ibu dapat menjadi lebih labil.

omega 3

Demikian penyebab emosi ibu berubah setelah melahirkan.