Cara Membentuk Kebiasaan Menjadi Sehat

Anak-anak kecil yang baru belajar berjalan mengalami transisi dalam pemilihan makanan dan kebiasaan makan. Untuk merangsang minat terhadap makanan sehat, hidangkan beragam makanan dengan warna yang menarik, tekstur yang berbeda dan cita rasa baru. Anak-anak kecil yang baru belajar berjalan memiliki kapasitas perut yang terbatas, sehingga penting menghidangkan makanan dengan kandungan gizi yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan yang optimal. Batasi jus, manisan dan makanan yang ‘kosong’ kalori.

Setelah tahun pertama, anak-anak tumbuh lebih lambat dan nafsu makannya mungkin berkurang, mungkin menolak setiap makanan sehat yang dihidangkan orang tua.

jus

Orang tua yang hati-hati akan merasa terkejut dan terganggu bila anaknya:

  1. Menolak makan.
  2. Meminta makanan yang sama pada setiap waktu makan.
  3. Lebih menyukai makanan bergizi rendah daripada makanan sehat.
  4. Marah-marah tentang makanan.

pengetahuan umum

Orang tua harus memutuskan makanan dan kudapan sehat yang akan ditawarkan dan waktu menawarkannya. Anak-anak bisa memilih makanan-makanan sehat ini yang akan dimakan dan seberapa banyak yang akan dimakan.

Anak-anak yang makan terus-menerus cenderung tidak memiliki nafsu makan terhadap makanan-makanan yang terjadwal. Petunjuk untuk memberi makan kepada anak kecil yang baru belajar berjalan:

  1. Hidangkan makanan yang sama kepada anak kecil Anda yang baru belajar berjalan seperti yang dimakan oleh anggota keluarga Anda yang lain pada saat yang sama.
  2. Jadwalkan waktu yang teratur untuk makanan dan kudapan: tiga kali makanan utama dan dua kali kudapan setiap hari.
  3. Monitor pertumbuhan anak Anda.

pertumbuhan anak

Makanan Balita, Sesuaikan dengan Tahap Pertumbuhan

  1. Makanan Pertama. Untuk awal pengenalan bayi pada makanan padat pertamanya, ibu bisa memberikan makanan dengan tesktur yang lembut. Sebagai proses belajar anak pada makanan, ibu bisa memberikan buah saring. Untuk ibu yang masih ragu untuk memberikan makanan pertama pada bayi, beberapa tanda berikut bisa menjadi acuan:
  1. Bayi bisa duduk tanpa bantuan.
  2. Gerak reflek lidah bayi yang mengeluarkan makanan ketika makanan dimasukkan kemulutnya sudah hilang.
  3. Bayi masih lapar meskipun sudah minum susu dan memiliki ketertarikan sangat besar pada orang dewasa di sekitarnya yang sedang makan.

makanan sehat bernutrisi

  1. Makanan Semi Padat. Biasanya bayi pada usia 7-8 bulan, ibu bisa memberikan bubur saring.
  1. Makanan Padat Pertama. Nah, saat bayi usia 8 bulan ke atas, ibu bisa  menambahkan variasi menu dan mengenalkan makanan yang bertesktur kasar sebagai makanan padat pertama bayi. Bayi dengan usia di atas 1 tahun, biasanya sudah memiliki gigi yang cukup untuk mengunyah makanan. Jadi ibu bisa memberikan bayi 1 tahun dengan makanan yang biasa ibu konsumsi.

konsumsi ikan

Pastikan bahwa tahap pengenalan makanan pada bayi sesuai dengan tahap perkembangan bayi.

manfaat air liur