Cara Cepat Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung merupakan hal yang sering terjadi pada bayi. Biasanya bayi yang mengalami perut kembung akan mudah menangis dan sulit sekali untuk tertidur. Kebanyakan ibu biasanya mengoles minyak telon pada perut bayi saat perut bayi sedang kembung. Sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui bayi yang sedang mengalami perut kembung.

  1. Perut bayi seperti keras bila ditekan.
  2. Perut menjadi lebih besar dari biasanya.
  3. Sering menangis tanpa sebab.
  4. Bayi sering menarik-narik kakinya ke arah perut.
  5. Bayi lebih banyak bergerak dari biasanya.
  6. Bayi sering buang angin.
  7. Sulit untuk tidur.

SULIT TIDUR

Cara mengatasi perut kembung pada bayi:

  1. Menaruh handuk hangat pada perut bayi. Handuk hangat yang ditaruh di atas perut bayi sangat dianjurkan untuk mengatasi perut bayi yang sedang kembung, lebih efektif daripada menggunakan minyak kayu putih.
  2. Memberikan air hangat, sangat bagus untuk perut bayi yang sedang kembung.
  3. Menepuk lembut bagian punggung bayi. Anda dapat melakukan ini selama satu sampai dua menit sampai bayi bersendawa.
  4. Menggosok bagian perut bayi. Untuk mengatasi perut bayi yang kembung, anda dapat menggosok perut bayi dengan lembut, gunakan minyak telon untuk memberikan kehangatan di bagian tubuhnya.
  5. Anda perlu waspada dengan susu formula yang dapat membuat beberapa perut bayi kembung, amati apakah bayi anda kembung setelah minum susu formula.
  6. Membiarkan bayi anda aktif. Anda dapat mengisi waktu dengan bermain bersama bayi anda, anda perlu melibatkan bayi dalam kegiatan yang menyenangkan untuk membantu bayi mengeluarkan gas di dalam perutnya.

pengobatan sakit asam