Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lain, rata-rata berat badan bayi yang baru lahir adalah 2.500-4.500 gram. Faktor-faktor yang menentukan ukuran dan berat badan bayi adalah genetik, kesehatan ibu selama kehamilan, dan nutrisi yang diberikan saat dalam kandungan. Anda jangan cemas ketika berat badan bayi anda rendah saat lahir, yang terpenting adalah berat badan yang dapat dicapai setelah bayi anda dilahirkan. Umumnya, pada bulan ke-4 bayi akan mengalami kenaikan berat badan dua kali lipat dari saat bayi anda dilahirkan.

bayi

Anda jangan terburu-buru mengatakan bahwa bayi anda bermasalah dengan berat badan karena tidak dapat hanya dilihat dari penampilan bayi anda, cara tepatnya adalah dengan mengukur dan membandingkan berat badan dengan tinggi badan bayi anda.

Pada bayi di bawah usia 6 bulan, cara satu-satunya adalah dengan meningkatkan pemberian ASI yang berkualitas. Jika ingin menaikkan berat badan bayi usia 6 bulan ke atas, sebaiknya anda memperhatikan jenis bahan MPASI untuk bayi anda. Anda dapat membuat MPASI dengan komposisi karbohidrat, lauk dan sayur yang sebanding, misalnya nasi tim 4 sdm ditambah dengan 2 sdm lauk dan 2 sdm sayuran.

kenaikan berat badan

Sebagai alternatif, ayah-bunda dapat memberikan buah dan sayuran dalam bentuk jus. Dengan kombinasi bahan yang tepat, jus akan disukai si kecil karena rasanya yang enak dan segar.

Resep Jus Pisang Kurma

resep jus

Bahan:

  • 100 gram pisang ambon matang sempurna.
  • 2 buah kurma yang telah dibuang bijinya.
  • ¼ gelas air matang.

Cara membuat:

  • Blender pisang ambon, kurma, dan air sampai halus.
  • Tuangkan ke dalam gelas dan sajikan segera.