Biskuit Bayi, Hindari Meskipun Home Made

Esensi mengapa biskuit bayi tidak diperkenankan diberikan kepada bayi yang memulai MPASI usia 6-12 bulan bukanlah semata karena home made atau pabrikan. Berikut penjelasan bapak Wied Harry, seorang ahli gizi:

“Soal biskuit, buat saya bukan hanya soal biskuit itu dibuat sehat atau tidak sehat. Bayi adalah pembelajar, begitu dia untuk pertama kalinya menikmati finger food dibiasakan menikmati biskuit, maka rekaman “rasa enaknya” adalah si biskuit itu. Maka nanti ketika dia sudah terbiasa dengan snack biskuit, yang dicari adalah snack tersebut. Nah kalau dia sudah “mencandu” biskuit, maka dia bisa dengan mudah mencomot biskuit warung – pastinya ini jenis makanan nakal.”

Bayi dianjurkan untuk mengkonsumsi ASI ekslusif selama 6 bulan pertama di kehidupannya dan tidak dianjurkan diberi makanan padat lainnya meski orang tua jaman dahulu membenarkan pemberian makanan padat dan beralasan tidak akan terjadi apapun.

Esensi, BayiMakanan pendamping ASI untuk bayi berusia 6 bulan sebaiknya bertekstur cair, encer dan lembut dan hindari menambahkan perasa seperti gula atau garam. Makanan bisa didapatkan dari buah yang dihaluskan dan jangan lupa menambahkan air yang bisa berupa susu, ASI agar teksturnya lebih cair dan lebih mudah dicerna bayi.