Begini Cara Pijat Bayi Sendiri Tanpa Bantuan Orang Lain di Rumah

Pijat bayi sangat baik untuk bayi normal dan prematur, membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang, memperkuat keterikatannya kepada Anda, membuat bayi Anda santai dan tidak marah, dan tidur bayi menjadi lebih baik.

tidur bayi, memijat bayi, bayi AndaKetika Anda memijat bayi, maka secara tidak sadar akan terjadi sebuah interaksi alami dengan bayi. Pijat bayi bisa menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan untuk para ayah.

tidur bayi, memijat bayi, bayi AndaLakukan pemanasan sebelum memijat bayi dengan menyemprotkan sedikit minyak di tangan Anda dengan menggosok-gosokkannya di antara telapak tangan. Dengan perlahan gosokkan ke kulit bayi Anda, dimulai dengan kakinya. Lakukan pijatan pada seluruh bagian kaki dengan pijat perlahan dan ringan dengan cara meremas lembut betis dan paha bayi.

tidur bayi, memijat bayi, bayi AndaSetelah melakukan pijatan pada bagian kaki bayi, langkah selanjutnya adalah memijat bagian dada, perut dan punggungnya. Untuk bagian dada, perut dan punggung lakukan secara perlahan. Letakkan kedua telapak tangan rata di tengah tubuhnya, usap-usapkan ke samping dengan lembut dan perlahan, seakan meratakan halaman-halaman buku. Dengan tangan masih datar, gunakan jari Anda untuk membelai bagian lingkar samping yang sejajar dengan tangannya.

Melakukan pijat bayi sebelum tidur akan membantu bayi Anda menjadi tenang, tidak rewel dan siap untuk tidur.