Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan Janin

Pada tahun 1850 mesin pembuat rokok diproduksi besar-besaran sejak ditemukannya nikotin 24 tahun silam. Lalu zat apa saja yang terkandung dalam satu batang rokok? Di setiap kemasan rokok umumnya tertera dua kandungan zat, yaitu nikotin dan tar, adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker dan jantung koroner dan tentunya zat-zat ini sangatlah merugikan kesehatan penggunanya.

Bahaya asap rokok bagi kesehatan ibu hamil dan janin berdasarkan hasil penelitian Western Australian Pregnancy (Reine) Cohort yang dipaparkan bersamaan dengan pertemuan tahunan European Society of Human Reproduction and Embryology (ESHRE) tahun 2013 di ibu kota Inggris, London, dimulai pada tahun 1989 dengan 2.900 ibu hamil sebagai responden yang juga merupakan perokok aktif. Hasil penelitian terakhir ini dikaitkan dengan hasil penelitian sebelumnya selama anak itu dalam janin. Pertumbuhan janin responden dengan kondisi ibu yang perokok aktif memperbesar peluang yang kurang baik dari sisi kesehatan dan berdampak pada pola tubuh anak yang buruk bila dibandingkan dengan anak yang dalam kandungannya tidak terjamah asap rokok ibunya.

pencemaran

Berikut ini adalah bahaya asap rokok bagi kesehatan janin:
1. Mempengaruhi plasenta bayi, yang merupakan sumber makanan dan suplai oksigen si bayi.
2. Bayi lahir dengan berat badan yang kurang.
3. Meningkatkan resiko kematian janin dalam kandungan.
4. Dalam beberapa kasus, janin yang ibunya perokok aktif ketika lahir ada yang mengalami infeksi telinga, batuk-batuk, serangan asma, bronkhitis dan pneumonia.

penyakit bronkitis kronis