Apa yang Harus Dilakukan Jika Salah Satu Anggota keluarga Menderita Campak?

Campak, disebut juga rubeola adalah infeksi yang disebabkan oleh virus, akan memunculkan ruam di seluruh tubuh dan sangat menular, bisa sangat mengganggu dan mengarah pada komplikasi yang lebih serius. Diagnosis campak bisa dilakukan dengan melihat gejala-gejala yang muncul. Campak disebabkan oleh virus yaitu virus campak. Vaksin untuk campak termasuk dalam bagian dari vaksin MMR, adalah vaksin gabungan untuk campak, gondongan, dan Campak Jerman. Sasaran virus campak adalah anak-anak yang sedang mengalami kondisi tubuh yang lemah dan kurangnya asupan gizi yang bagus.

gizi dan nutrisi

Program imunisasi campak di Indonesia dimulai tahun 1982. Menurut Riskesdas tahun 2010, anak-anak Indonesia berusia 1-2 tahun yang mendapat imunisasi campak mencapai rata-rata 74,4 persen. Meski capaian imunisasi campak di Indonesia telah mencakup 90%, WHO melaporkan terdapat sekitar 6,300 kasus campak di Indonesia pada tahun 2013.

Bagi penderita campak, virus campak ada di dalam percikan cairan yang dikeluarkan saat mereka bersin dan batuk. Campak lebih sering menimpa anak-anak berusia di bawah lima tahun. Tapi pada dasarnya semua orang bisa terinfeksi virus ini, terutama yang belum pernah terkena campak.

campak

Yang dapat dilakukan jika salah satu anggota keluarga menderita campak:

  1. Penempatan terpisah untuk penderita campak.
  2. Selama suhu badan masih panas , anak tidak perlu dimandikan .
  3. Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.
  4. Banyak istirahat dan hindari sinar matahari selama mata masih sensitif terhadap cahaya.
  5. Minum obat penurun demam, dan obat pereda sakit. Jauhkan aspirin jika anak Anda di bawah usia 16 tahun.