Angin Duduk

Angin duduk adalah suatu kondisi saat penderitanya mengalami nyeri pada dada akibat otot-otot jantung kurang mendapat pasokan darah. Terganggunya pasokan darah ini terjadi akibat adanya penyempitan pada pembuluh darah.

pasokan darah, kadar kolesterol, gejala angin duduk

Agar dapat bekerja dengan baik, jantung membutuhkan asupan darah yang kaya akan oksigen secara cukup. Darah untuk organ ini akan dialirkan melalui dua pembuluh besar yang disebut sebagai pembuluh koroner. Angin duduk terjadi ketika pembuluh koroner tersebut mengalami penyempitan.

pasokan darah, kadar kolesterol, gejala angin duduk

Sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena angin duduk:

  1. Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang berpotensi menumpuk di dalam pembuluh darah. Jika ini terjadi, tentu saja darah akan sulit mengalir ke dalam jantung.
  2. Stres, dapat meningkatkan tekanan darah.
  3. Orang yang mengalami obesitas akan rentan mengalami sejumlah kondisi yang dapat meningkatkan risiko terkena angin duduk, seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.
  4. Orang yang berusia lanjut lebih berisiko terkena angin duduk dibandingkan dengan orang yang masih muda.

 

Dalam mendiagnosis angin duduk, umumnya dokter akan awali dengan menanyakan seputar gejala yang dialami pasien. Berikut adalah pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis angin duduk:

  1. Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang berkaitan dengan angin duduk, misalnya adanya kerusakan otot jantung akibat terganggunya aliran darah.
  2. Angiografi jantung. Tes ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang berbentuk selang tipis yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah.

Jika gejala angin duduk sudah parah dan tidak bisa lagi diatasi dengan obat-obatan, tindakan operasi akan dipertimbangkan dokter demi mencegah terjadinya serangan jantung. Beberapa jenis operasi tersebut di antaranya:

  1. Operasi bypass.
  2. Operasi angioplasti.

pasokan darah, kadar kolesterol, gejala angin duduk

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah angin duduk, di antaranya:

  1. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti bersepeda santai, berjalan. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga juga dapat membuat peredaran darah menjadi lancar dan menurunkan tekanan darah, sehingga jantung dan pembuluh koroner tetap sehat.

pasokan darah, kadar kolesterol, gejala angin duduk

  1. Hindari makanan yang berbahaya bagi jantung.
  2. Menjaga berat badan.  Jika kita mengalami obesitas, jantung akan lebih sulit mengedarkan darah sehingga harus memompa lebih keras. Lama-kelamaan hal ini dapat meningkatkan tekanan darah dan memicu angin duduk.

pasokan darah, kadar kolesterol, gejala angin duduk

  1. Membatasi konsumsi minuman keras karena mengonsumsi minuman keras secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan hipertensi yang pada akhirnya dapat memicu angin duduk.