Emosi Ibu Melahirkan

Kalau ada suami yang merasa isterinya lebih galak sehabis melahirkan, mungkin lebih tepat bila perubahan sikap itu dikaitkan dengan gangguan perubahan hormonal yang dialami ibu melahirkan, perubahan jadwal isteri dalam menjalankan peran baru, dan hubungan interpersonal yang rendah antara suami-isteri. Akhirnya, pasanganlah yang sering menjadi ‘korban’ ibu.  

Penyebab Emosi Ibu Berubah Setelah Melahirkan

  • Perubahan hormonal. Sebagaimana telah disebutkan di awal, perubahan hormonal yang terjadi semenjak masa kehamilan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan kestabilan emosi ibu sampai setelah melahirkan bayi.
ibu melahirkan
  • Perubahan jadwal ibu. Kehadiran bayi tentu saja akan merubah jadwal ibu. Perubahan tersebut dapat menyebabkan emosi ibu turut berubah karena lelah.
  • Ibu merasa menjadi lebih dibutuhkan bayi. Jika sebelumnya emosi ibu menjadi lebih negatif seperti letih, stress, terdapat pula emosi yang justru lebih baik. Ibu menjadi lebih bergairah menjalani hidup karena merasa dibutuhkan oleh sang bayi.
  • Makanan. Jika diet ibu sesuai dengan petunjuk kesehatan, maka biasanya justru memberikan dampak positif bagi perubahan emosi ibu. Jika ibu kekurangan protein jenis tertentu misalnya omega 3, emosi ibu dapat menjadi lebih labil.

Demikian penyebab emosi ibu berubah setelah melahirkan.

Jual Gamis Ibu Menyusui Nibras Sarimbit Keluarga SK 58 Navy, SMS/WA 085725075823

Gamis ibu menyusui sarimbit keluarga lebaran produk terbaru dari nibras 2019 untuk merayakan hari lebaran idul fitri dengan tampil cantik modis dan serasi bersama seluruh anggota keluarga.

gamis ibu menyusui

Model sarimbit terbaru 2019 nibras sarimbit keluarga sk 58 navy terdiri dari:

Baju gamis dewasa nibras gamis nb A08 navy yang terbuat dari bahan toyobo yang halus, tebal, adem,& tidak mudah kusut seperti bahan katun. Dengan aplikasi kancing depan busui, terdapat juga kantong saku kanan dan variasi schoder.

gamis ibu menyusui

Baju koko dewasa nsk 58 navy yang terbuat dari bahan toyobo dengan aplikasi kancing depan, saku depan dan  variasi schoder.

Gamis anak perempuan nsap 58 navy yang terbuat dari bahan toyob dengan aplikasi resleting belakang, saku depan, lengan manset kancing, tali samping dan variasi schoder, untuk gamis anak perempuan sudah termasuk hijab yang terbuat dari bahan toyobo pad dengan tali samping. 

Baju koko anak nsal 58 navy yang terbuat dari bahan toyobo dengan aplikasi full kancing depan, saku depan dan variasi schoder. Untuk koko anak sudah termasuk celana panjang dari bahan cigaret dengan pinggang full karet.

Gamis dewasa nibras nb a08 navy

Rp 278.000 – XS, S, M, L, XL
Rp 290.000 – XXL

Koko dewasa nsk 58 navy
Rp 228.000 – XS, S, M, L, XL
Rp 240.000 – XXL

Koko anak nsal 58 navy + celana

NSA-L0 Rp. 258.000

NSA-L0+ Rp. 258.000
NSA-L2 Rp. 258.000
NSA-L4 Rp. 268.000
NSA-L6 Rp. 268.000
NSA-L8 Rp. 268.000
NSA-L10 Rp. 278.000
NSA-L12 Rp. 278.000

Gamis anak nsap 58 navy + jilbab
NSA-P0 Rp. 268.000
NSA-P0+ Rp. 268.000
NSA-P1 Rp. 268.000
NSA-P3 Rp. 278.000
NSA-P5 Rp. 278.000
NSA-P7 Rp. 288.000
NSA-P9 Rp. 288.000
NSA-P11 Rp. 288.000

Segera miliki koleksi seragam keluarga lebaran 2019nibras sarimbit family sk 58 navy ini boleh dibeli secara terpisah, hadir juga dalam pilihan warna lain nibras sarimbit keluarga sk 58 kubus.

Jual Gamis Ibu Menyusui Terbaru Nibras Syar’i NS 46 Coklat

Gamis syari terbaru 2019 dari nibras untuk bunda dan sista yang ingin tampil modis cantik dan syari dengan busana muslim gamis. Gamis ibu menyusui terbaru 2019 nibras ns 46 coklat ini terbuat dari bahan balotelli motif yang cukup tebal dan halus dengan tekstur khas berupa kotak kecil yang membentuk garis-garis.

Gamis ibu menyusui terbaru

Dengan aplikasi resleting depan menjadikan gamis nibras syari ns 46 coklat ini cocok untuk ibu menyusui atau busui friendly. Terdapat kantong saku kanan, model lengan manset kancing dan variasi tali samping. Gamis syari terbaru 2019 ini juga hadir dalam pilihan warna lainnya, nibras syari ns 46 dusty pink, nibras syari ns 46 marun dan nibras syari ns 46 navy. Harga Rp 268.000.

Gamis ibu menyusui terbaru

Silahkan hubungi cs kami via WA/SMS 085725075823 untuk bunda dan sista yang ingin memiliki busana muslim gamis syari nibras ns 46 coklat baik untuk koleksi pribadi atau untuk seragam ibu-ibu pengajian majelis taklim, seragam arisan, seragam keluarga dan lain-lain. 

Cara Ibu Melahirkan Normal yang Benar

Meskipun banyak ibu berharap untuk dapat melahirkan normal, tetap saja ada ketakutan yang dirasakan menjelang melahirkan, terutama pada ibu yang baru pertama kali melahirkan, terkadang sampai membuat ibu menunda kehamilan bahkan menunda kelahiran.

cara ibu melahirkan

Dalam dunia kesehatan, cara melahirkan normal memang lebih disarankan. Kelebihan dan manfaat melahirkan normal:

  1. Proses pemulihan ibu lebih cepat. Meski harus melalui proses yang berat dan lama selama melahirkan secara normal, proses pemulihan setelah melahirkan jauh lebih cepat dibandingkan dengan proses caesar.
  2. Produksi kolostrum dan ASI baik. Pada ibu yang melahirkan secara normal, produksi kolostrum yaitu zat yang dikeluarkan kelenjar ASI pada tahap akhir masa kehamilan akan lebih cepat, banyak dan baik.
  3. Membangun sistem imunitas pada bayi. Selama melalui proses melahirkan yang normal, bayi yang sebelumnya tinggal dalam rahim dalam keadaan steril akan melewati vagina ibu yang penuh bakteri sehingga bayi dengan sendirinya akan membangun sistem imunitas dari bakteri yang didapat dan memperkaya bakteri yang berguna bagi pencernaan bayi.
  4. Risiko pendarahan pada cara melahirkan normal lebih rendah. Ketika melahirkan secara caesar, bukan tidak mungkin ibu akan mengalami pendarahan dan infeksi jahitan, makanya dengan melalui proses melahirkan normal, peluang terjadinya pendarahan dan infeksi akan cenderung lebih sedikit.
  5. Tanpa melakukan operasi caesar maka akan menghemat biaya pengeluaran selama proses melahirkan.
cara ibu melahirkan

Ada baiknya ibu menyiapkan diri sebelum proses melahirkan terjadi. Persiapan proses melahirkan:

  1. Meyakinkan diri sendiri bahwa proses melahirkan akan berjalan dengan baik. Jangan berlarut-larut berada dalam ketakutan dan kecemasan ketika akan terjadi proses melahirkan, akan membuat ibu menjadi tidak maksimal ketika proses melahirkan berlangsung.
  2. Lakukan pijatan-pijatan yang dikhususkan bagi ibu hamil selama proses kehamilan untuk memperbesar kemungkinan melahirkan secara normal dan mempelancar proses melahirkan.
  3. Melakukan latihan kegel yakni otot-otot pada area vagina sebelum melahirkan.
  4. Agar lebih siap dan matang untuk menghadapi proses melahirkan nantinya, Anda tidak perlu malu untuk mengikuti kelas persiapan melahirkan agar Anda semakin mengerti yang perlu dipersiapkan menjelang proses melahirkan.
  5. Anda tidak akan pernah tahu berapa lama proses kontraksi berlangsung, oleh karena itu perbanyak dan seringlah tidur menjelang proses melahirkan untuk mengumpulkan stamina dan menghindari kelelahan selama proses melahirkan.
cara ibu melahirkan

Tahap melahirkan normal:

  1. Ibu akan merasakan datangnya rasa mulas yang sangat hebat dan merasa adanya tekanan yang sangat besar ke arah bawah seperti ingin buang air.
  2. Pada tahap pengeluaran bayi, rasa mulas yang dirasakan semakin hebat dan semakin sering pula.
  3. Setelah mengeluarkan plasenta ibu masih mengeluarkan darah dari vagina namun tidak banyak, berasal dari pembuluh darah yang ada di dinding rahim tempat terlepasnya plasenta dan setelah beberapa hari ibu akan mengeluarkan cairan sedikit darah yang disebut lokia yang berasal dari sisa-sisa jaringan. Namun pada beberapa kasus, darah yang keluar bisa dalam jumlah banyak karena lemahnya kontraksi.

Ada baiknya sebelum ibu melahirkan, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai proses melahirkan yang diperlukan.

cara ibu melahirkan

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Banyak wanita yang mendambakan durian bahkan keinginan ibu hamil makan durian. Bolehkah ibu hamil makan durian? Karena durian adalah buah yang sangat bergizi, selalu ada banyak spekulasi mengenai apakah durian dapat dikonsumsi selama kehamilan? Konsumsi buah durian dalam jumlah yang sedikit.

Karena kandungan antioksidan dalam durian, manfaat ibu hamil makan durian dapat membantu melindungi janin dan ibu hamil dari serangan radikal bebas dan polutan. Bagi ibu hamil muda, konsumsi buah durian hanya berkisar antara 1–2 butir karena usia kehamilan trimester pertama merupakan masa paling rentan terhadap keguguran.

ibu hamil

Durian memiliki sifat antimikroba, antibakteri dan antijamur, yang dapat bermanfaat bagi kehamilan. Kandungan garamnya rendah, yang pada gilirannya dapat membantu mengatur tekanan darah selama kehamilan.

Durian memiliki kandungan energi yang tinggi karena mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang akan memberikan banyak energi serta membuat wanita hamil merasa energik. Tapi ibu hamil dengan diabetes gestasional harus menghindarinya sama sekali.

Jika makan durian saat hamil, ada beberapa tips cara mengonsumsinya agar aman untuk janin, di antaranya:

  1. Makan durian dengan porsi sedikit. Keguguran, kondisi yang termasuk bahaya durian bagi ibu hamil merupakan keadaan yang paling diwaspadai ibu hamil sehingga bagi ibu dengan usia kehamilan yang masih di trimester pertama sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi durian karena resiko kegugurannya jauh lebih besar dibandingkan usia kehamilan lanjut.
  2. Tidak sering makan durian. Kandungan glukosa yang cukup tinggi dalam buah durian dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gestational diabetes yang didukung juga oleh peningkatan kadar gula pada proses kehamilan.
  3. Perbanyak minum air putih setelah makan durian.
  4. Jangan makan durian yang terlalu matang dan berdaging sangat tebal karena dapat menyebabkan kolesterol pada ibu hamil.
  5. Gunakan rongga kulit durian sebagai cawan air minum untuk menghindari bau mulut dan pusing.
ibu hamil

Sangat bermanfaat mengonsumsi durian dalam jumlah sedang selama kehamilan, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, tetapi ibu hamil harus membatasi jumlah konsumsi untuk menghindari kemungkinan efek negatif durian seperti bayi yang lebih besar dan obesitas.

ibu hamil

Kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi dalam buah durian mungkin terbukti berbahaya bagi beberapa ibu hamil. Buah durian sebaiknya dihindari ibu hamil yang mengalami kondisi kesehatan tertentu, di antaranya:

  1. Wanita hamil dengan diabetes gestasional.
  2. Wanita hamil dengan riwayat diabetes gestasional sebelumnya.
  3. Wanita hamil dengan riwayat keluarga diabetes.
  4. Wanita hamil yang mengalami obesitas.
  5. Wanita hamil yang secara ketat disarankan untuk tidak menambah berat badan tambahan selain dari yang telah direkomendasikan.
  6. Wanita hamil di trimester ketiga.

Sekarang, jika Anda bertanya-tanya cara makan durian saat hamil maka moderasi adalah kunci untuk kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar.