9 Karakteristik Keluarga yang Hasilkan Anak Cerdas

Berikut 9 karakteristik yang dapat Anda tiru dari sebuah keluarga yang sukses menghasilkan anak-anak cerdas.

  1. Bersedia berkorban untuk satu sama lain. Tanamkan pada semua anggota keluarga Anda bahwa mereka akan mendapatkan lebih dari yang mereka berikan. Ini adalah keluarga yang akan menghasilkan anak-anak yang lebih percaya diri.
  2. Ada untuk satu sama lain. Keluarga yang cerdas sangat menikmati kebersamaan satu sama lain. Anda dapat membuat rumah Anda seperti sekolah dengan menerapkan cara belajar yang menyenangkan, sehingga intelektualitas anak Anda akan tumbuh.
  3. Komunikasi satu sama lain. Bagaimana sifat anggota keluarga Anda, biarkan mereka merasa bahwa mereka dimengerti, akan mengarahkan setiap orang dalam keluarga Anda ke arah yang baik.
  4. Belajar dari kesalahan satu sama lain, bisa dilakukan dengan berbagi kebijaksanaan, melewati hal yang buruk bersama-sama, belajar dari anak Anda, dan melakukan kesalahan. Melewati hal yang buruk dapat dilakukan dengan bertanya pada diri Anda sendiri, “Hal terburuk apa yang saya dapat di sini?”. Jika Anda mampu melewatinya, maka Anda dapat melewati semua hal. Belajar dari anak dapat dimulai dengan mengakui bahwa tidak semua hal yang Anda lakukan adalah benar. Anda dapat mulai melihat dunia dari sisi pandang anak-anak Anda, dengan begitu Anda akan belajar memberi dan menerima. Sedangkan, dengan membiarkan anak-anak Anda melihat Anda melakukan kesalahan akan menjadi contoh bagi mereka untuk melihat cara Anda menangani kesalahan yang Anda buat.
  5. Hargai usaha, bukan hasil. Menjadi cerdas adalah melakukan segala sesuatu yang terbaik yang Anda bisa.
  6. Pecahkan masalah bersama-sama. Buat anak-anak Anda mengerti batasan-batasan mereka.
  7. Menciptakan lingkungan belajar. Sebagai orang tua, Anda harus terlibat dalam pembelajaran anak Anda, sehingga Anda juga terdorong untuk terus belajar dan anak Anda merasa aman.
  8. Reaksi yang baik. Keluarga yang cerdas menyadari bahwa mereka sepenuhnya adalah manusia.
  9. Tunjukkan rasa cinta. Tidak peduli apa pun latar belakang keluarga Anda, anak-anak Anda akan sukses jika Anda menerapkan rasa cinta dalam proses pengasuhan Anda.

Membesarkan anak yang cerdas tidak berbeda dengan membesarkan anak-anak lainnya. Yang terpenting adalah keluarga Anda harus dipenuhi kasih sayang, kehangatan, dan tindakan yang positif, akan meningkatkan kecerdasan dan kesuksesan anak-anak Anda.

Facebook Comments