9 Cara Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin adalah salah satu penyakit yang sering menghampiri banyak orang.  Yang jelas, jika penyakit masuk angin tidak ditangani dengan tepat, bisa mengakibatkan penyakit berlangsung lebih lama dan aktivitas kerja terganggu. Dalam artikel kali ini, breastfeedingproductgallery.com akan berbagi tips dan cara ampuh mengatasi masuk angin; mulai dari tahap pencegahan hingga pengobatan.

  1. Ketika anda menyadari tahap-tahap awal masuk angin tersebut, segeralah konsumsi banyak vitamin C.
  2. Sup ayam memiliki khasiat ampuh untuk menangkal masuk angin, bisa menjadi alternatif makanan yang menyehatkan.
  3. Kerokan, dilakukan di  periode awal masuk angin untuk mencegah penyakit berkembang menjadi lebih parah.
  4. Es banyak yang terbuat dari air mentah, ada yang gelas tempat esnya tidak dicuci bersih, dan sebagainya.  Oleh karena itu, lebih disarankan untuk mengonsumsi es yang dibuat sendiri.
  5. Jahe adalah salah satu bahan makanan paling ampuh yang bisa mengusir masuk angin.
  6. Bawang putih memiliki banyak khasiat yang sangat berguna untuk tubuh.  Selain berfungsi ampuh untuk mengatasi sakit gigi, bawang putih juga bermanfaat untuk menanggulangi masuk angin. Sup bawang biasanya juga menjadi alternatif untuk mengobati masuk angin.  Kandungan zat allicin di dalam bawang putih cukup tinggi dan memiliki fungsi sebagai antibiotik alami yang menghambat pertumbuhan bakteri dan virus di dalam tubuh.
  7. Rebusan air daun pepaya sebenarnya sangat manjur untuk mengatasi masuk angin, namun banyak dihindari karena rasanya yang pahit dan kurang enak.  Kandungan antibiotik alami dalam daun pepaya juga setinggi bawang putih dan bisa dengan cepat dan mudah mengatasi penyakit masuk angin.
  8. Madu, teh dan lemon mungkin bisa dibilang sebagai obat alami masuk angin yang paling enak dikonsumsi.  Teh memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi, yang bisa membuat tubuh rileks dan bermanfaat membunuh zat-zat dan bakteri asing.  Sementara di dalam lemon terdapat kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.  Jika anda mengalami masuk angin, jangan ragu untuk membuat campuran teh, lemon dan madu. Konsumsilah sebelum tidur untuk efek yang lebih maksimal.
  9. Berkumur-kumur memiliki fungsi yang cukup manjur untuk mengatasi masuk angin karena bakteri-bakteri yang berkumpul di sekitar mulut akan terbilas habis.